Andap Temui Sekjen Kemenag

  • Bagikan
Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto (tengah) didampingi Rektor IAIN Kendari, Prof. Husain Insawan, menyerahkan dokumen usulan perubahan bentuk IAIN menjadi UIN kepada Sekjen Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani, Kamis (19/9/2024). (IST)
Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto (tengah) didampingi Rektor IAIN Kendari, Prof. Husain Insawan, menyerahkan dokumen usulan perubahan bentuk IAIN menjadi UIN kepada Sekjen Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani, Kamis (19/9/2024). (IST)

-- Dukung Transformasi IAIN Kendari Menjadi UIN

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, mengambil langkah signifikan dalam mendukung transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Dalam pertemuan dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, Muhammad Ali Ramdhani, yang juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Abu Rokhmad, di Kantor Sekjen Kemenag RI pada Kamis, 19 September 2024, Andap menyampaikan pentingnya proses ini bagi masyarakat Sultra.

Andap mengungkapkan, transformasi IAIN Kendari menjadi UIN adalah langkah strategis yang telah lama dinantikan. Ini tidak hanya memenuhi syarat formal sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, tetapi juga berperan dalam memperluas akses dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi keagamaan Islam di daerah.

"Transformasi ini adalah wujud pemenuhan hak konstitusi masyarakat Sultra di bidang pendidikan. Kami berharap proses ini dapat berjalan cepat dan lancar, mengingat pentingnya UIN Kendari dalam meningkatkan akses pendidikan Islam di daerah kami," ungkap Andap Budhi Revianto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/9/2024).

Andap menegaskan dukungan Pemerintah Provinsi Sultra, untuk memastikan transformasi ini terlaksana sesuai harapan.

"Kami akan mengawal setiap tahapan agar perubahan status IAIN menjadi UIN dapat segera terwujud. Koordinasi ini adalah bagian dari usaha kami untuk mempercepat proses tersebut," tegasnya.

Sekjen Kemenag menyambut baik kunjungan Andap dan menegaskan komitmen Kementerian Agama untuk mendukung transformasi ini.

“Substansi kunjungan Pj Gubernur telah kami terima, dan Kementerian Agama berkomitmen untuk mengoptimalkan proses transformasi IAIN Kendari menjadi UIN,” janjinya.

Ia menambahkan, Kemenag akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sultra untuk mempercepat realisasi transformasi, sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh dunia pendidikan dan masyarakat.

Pertemuan diakhiri dengan penyerahan dokumen usulan perubahan bentuk IAIN menjadi UIN oleh Pj Gubernur Andap kepada Sekjen Kemenag. (rah)

  • Bagikan