UPT Perpustakaan UHO Kembangkan Kemampuan Mahasiswa

  • Bagikan
Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., saat membuka workshop literasi informasi, Rabu (18/9) di Same Hotel Kendari. (IST)
Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., saat membuka workshop literasi informasi, Rabu (18/9) di Same Hotel Kendari. (IST)

--Lewat Workshop Literasi Informasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar workshop literasi informasi, di Same Hotel Kendari, Rabu (18/9). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mencari sebuah informasi yang tepat.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si.,M.Si.M.Sc., mengatakan bahwa informasi dan ilmu pengetahuan sangat penting, terutama bagi para mahasiswa. Karena mahasiswa adalah generasi penerus yang akan mengisi bangsa ini.

“Untuk itu kita harus berikan pemahaman kepada mereka bagaimana literasi informasi itu. Dimana dalam mencari sumber informasi yang kredibel, mahasiswa harus terlebih dulu mencari atau menelusuri apakah informasi itu benar atau tidaknya,” ujarnya saat diwawancara.

Prof Zamrun mengimbau agar mahasiswa dapat mencari informasi itu dimana pun. Kemudian menggunakan informasi tersebut dengan sebaik mungkin untuk kemajuan sebuah daerah. “Carilah informasi itu di manapun berada, gunakan informasi itu dengan sebaik mungkin untuk pengembangan diri. Dan untuk memajukan daerah kita Sulawesi Tenggara (Sultra),” ucap Rektor dua periode UHO itu.

Kepala UPT Perpustakaan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari adalah Muhammad Alim Marhadi, S.Pd., mengungkapkan bahwa dengan kecanggihan teknologi literasi saat ini gampang untuk di telusuri. “Tapi yang paling utama bagaimana informasi itu diakses dan dikelola dengan baik untuk kemajuan dan kepentingan bersama, ungkapnya.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dalam menelusuri informasi yang tepat. Kemudian dapat memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam menilai kredibilitas sebuah informasi. “Karena informasi yang berseliweran di zaman digital ini, kita tahu sendiri kadang ada informasi yang sumbernya tidak kredibel di mana ada link atau website yang tidak jelas. Sehingga kadang mahasiswa juga dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya itu mengambil dalam situs tersebut,” ucap Alim Marhadi.

Ia juga menambahkan, bahwa untuk itu UHO dalam hal ini UPT Perpustakaan UHO melaksanakan kegiatan workshop literasi informasi. Dengan begitu mahasiswa dapat memilih dan memilah informasi yang kredibel. Dan juga dapat menambah kompetensi mereka dalam mendukung proses pembelajaran. (win/b)

  • Bagikan

Exit mobile version