Pamela Tinjau Perkembangan TIB Unsultra

  • Bagikan
Suasana kunjungan Pamela C. Davies selaku Regional Facilitator The Rotary Club Paddington, Queensland, Australia di Unsultra beberapa waktu lalu. (HUMAS UNSULTRA FOR KENDARI POS)
Suasana kunjungan Pamela C. Davies selaku Regional Facilitator The Rotary Club Paddington, Queensland, Australia di Unsultra beberapa waktu lalu. (HUMAS UNSULTRA FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pada tahun 2023 lalu Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) mendapatkan atau menerima bantuan platform Teacher In A Box (TIB). Dimana barubaru ini, Pamela C. Davies selaku Regional Facilitator The Rotary Club Paddington, Queensland, Australia meninjau perkembangan TIB di kampus merah maron tersebut.

Rektor Unsultra Prof. Dr. Ir. Andi Bahrun, M.Sc. Agric., mengatakan, Unsultra menerima bantuan platform TIB tersebut secara gratis dari The Rotary Club Paddington, Queensland, Australia tahun 2023 lalu. Dan telah dilakukan training serta coaching penggunaannya dengan instruktur salah satunya adalah Pamela C. Davis. “Platform tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menjadi solusi disaat adanya hambatan proses pembelajaran di daerah terpencil atau di pedesaan sekaligus memperkaya sumber daya akademik di Unsultra,” ujarnya.

Prof Andi Bahrun, menyebutkan bahwa Platform tersebut sangat penting untuk dikembangkan di Sultra karena masih banyak daerah khususnya wilayah pedesaan yang belum tersentuh jaringan internet. “Kalaupun ada internet biasanya jaringan tidak stabil. Keberadaan Teacher in a Box ini mendukung pembelajaran mandiri serta pengajaran di kelas, khususnya ketika sumber daya pengajaran yang terbatas atau guru dengan pelatihan atau pendidikan yang terbatas,” ucapnya.

Ia menjelaskan, bahwa keberadaan platform ini, dengan server Teacher in a Box, adalah laptop atau desktop siap pakai yang berisi konten pendidikan bernilai beberapa ratus gigabyte. Platform ini akan lebih baik jika ditambahkan router nirkabel bertenaga USB ke setiap server TIB, seperti iPhone, tablet, dan laptop. Harapannya setelah dilakukan training dan coaching, platform Teacher in a Box ini dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa serta dapat dikembangkan lebih luas bersama masyarakat. “Pihak The Rotary Club Paddington, Queensland melalui Pamela C. Davis sebagai Regional Regional Facilitator bersama Ann Naidoo berkunjung untuk melihat dan mengetahui progress pemanfaatan dan pengembangan TIB di Indonesia khususnya di Unsultra,” jelas Andi Bahrun.

Sementara Pamela C. Davis menyampaikan bahwa Teacher in a Box relatif mudah diakses dan dioperasikan, tetapi butuh waktu yang cukup lama untuk menavigasi dan menemukan apa yang anda butuhkan. Ditambah lagi, sebagian besar kontennya berbahasa Inggris dan menjadi masalah juga penggunaannya secara masif, tetapi pihaknya berusaha agar dapat menyediakannya dalam dua bahasa termasuk bahasa Indonesia sehingga membuat banyak orang tertarik dan mudah menggunakan konten-konten nya.

Pamela sangat terharu saat bertemu dengan mahasiswa dan dosen di Unsultra pada saat berkunjung di Unsultra karena seharusnya mahasiswa sedang berlibur. Mereka tidak hanya datang, tetapi mereka juga merupakan pendukung perpustakaan elektronik khususnya TIB yang secara antusias dan sangat ramah. Pamela sangat berterima kasih atas bantuan dan antusias mereka. Dukungan dan motivasi yang diberikan oleh Rektor sangat luar biasa. (win/b)

  • Bagikan

Exit mobile version