Asrun Lio Teknokrat Ulung di Puncak Karier

  • Bagikan
Sekda Sultra, Asrun Lio (kiri) menerima piagam penghargaan yang diserahkan Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Andi Taufik (tengah) di Kampus Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Rabu (18/9/2024). (IST)
Sekda Sultra, Asrun Lio (kiri) menerima piagam penghargaan yang diserahkan Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Andi Taufik (tengah) di Kampus Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Rabu (18/9/2024). (IST)

-- Dinilai Sukses dalam Karier, LAN RI Tunjuk Sekda Sultra jadi Pembicara

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Asrun Lio mengawali karier pegawai negeri sipil (PNS) sebagai dosen/akademisi di Universitas Halu Oleo (UHO) pada tahun 1993. Selama bertahuntahun mengabdi di ruang-ruang akademik sebagai cendekiawan, Asrun Lio lalu “hijrah” mengabdi di pemerintahan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Asrun Lio sukses manapaki kariernya sebagai teknokrat ulung hingga menduduki puncak karier PNS di Pemda Provinsi Sultra sebagai Sekretaris Daerah (Sekda).

Kesukseskan karier yang diraih Asrun Lio di pemerintahan daerah menjadi inspirasi bagi Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Makassar.

Sekda Sultra Asrun Lio pun mendapat panggung kehormatan menjadi pembicara dalam talkshow bertajuk Leadership Talks: Berbagi Pengalaman dalam Menjalankan Tugas dan Pengabdian Terbaik untuk Bangsa” yang dilaksanakan Pusat Pelatihan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) LAN RI Makassar di Kampus Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Rabu (18/9/2024). Sekda Sultra, Asrun Lio memulai pemaparannya tentang perjalanan pendidikan, dan pengalaman mengajar hingga jabatan yang pernah geluti baik saat di dunia akademisi termasuk di birokrasi pemerintahan.

“Jenderal” ASN Pemprov Sultra itu juga mengungkapkan sejumlah pengalaman pendidikan dan pelatihan kepemimpinan yang pernah dijalani.

Selain itu, Sekda Asrun Lio memaparkan pengalaman organisasi, prestasi pernah diraih, termasuk jaringan-jaringan yang telah dibangun baik bersifat skala nasional hingga internasional. “Sederet tulisan buku yang kemudian dijadikan literasi pendidikan dan kebudayaan juga saya tampilkan dalam momen ini,” ujar Asrun Lio kepada Kendari Pos melalui telepon selulernya dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/9/2024).

Selain itu, Sekda Asrun Lio juga menyampaikan beberapa pencapaian (Achievement) selama bertugas di Pemprov Sultra. “Termasuk memberikan penjabaran atas pengaruh pembelajaran pelatihan kepemimpinan dalam pelaksanaan tugas serta jabatan,” tuturnya.

Sekda Asrun Lio juga berbagi strategi komunikasi dalam membangun kerja sama tim dan stakeholder. Tantangan dan solusi dalam memimpin organisasi dengan berbagai karakter tim dipaparkan Sekda Asrun Lio.

Alumni Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Lembaga Administrasi Negara (LAN) itu pun memberikan pesan sekaligus pengingat bagi semua, termasuk dirinya pribadi.

“Sebagai ASN, kita adalah pelayan masyarakat. Bekerjalah dengan penuh integritas, profesionalisme, dan semangat melayani. Teruslah belajar, berinovasi, dan beradaptasi dengan perubahan zaman. Jaga nama baik ASN dan bersamasama kita wujudkan Indonesia yang lebih baik,” kata Sekda Asrun Lio.

Sebelumnya, Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Dr.Andi Taufik mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan Alumni Menyapa LAN (Alumni Menyala) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 LAN dan HUT ke-79 RI. Selain menggelar kegiatan alumni, menyapa LAN, Puslatbang KMP LAN RI Makassar menggelar talkshow, dengan menghadirkan Sekda Sultra Asrun Lio sebagai pembicara.

“Kami sangat senang dan bangga atas pencapaian prestasi Bapak Asrun Lio dalam berkarier, sehingga melalui kegiatan ini, kami meminta kesediaan untuk menjadi pembicara,” ujar Dr.Andi Taufik seperti dituturkan Sekda Asrun Lio.

Andi Taufik melanjutkan, Alumni Menyala merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Puslatbang KMP yang bertujuan untuk membangun silaturahmi dengan para alumni yang telah menunjukan dedikasi dan prestasinya baik dalam pengabdian kepada bangsa dan negara, maupun dalam menjalankan karier di organisasi masing-masing.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para alumni berkenan berbagi pengalaman memimpin dan menularkan kiat strategi kepemimpinan di tengah stakeholder dalam mengatasi beragam tantangan di era disruptif,” kata Andi Taufik.

Diharapkan pula dapat membangun budaya kerja yang produktif dan melahirkan beragam terobosan inovatif yang berorientasi pada penciptaan nilai bagi masyarakat. (rah/b)

  • Bagikan