Realisasi Investasi Tembus Rp 470 Miliar

  • Bagikan
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Kendari, Maman Firman Syah
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Kendari, Maman Firman Syah

-- DPM-PTSP Kendari Optimis Capai Target

KE3NDARIPOIS.CO.ID - Iklim investasi di Kota Kendari cukup bergairah. Itu tercermin dari realisasi investasi daerah yang tercatat sebesar Rp 470 miliar (Periode Januari-Juli 2024). Capaian tersebut lebih tinggi dari sebelumnya yang tercatat hanya Rp Rp 406 miliar.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Kendari, Maman Firman Syah mengatakan, meningkatkan nilai investasi di Kota Kendari didukung beberapa sektor usaha seperti sektor transportasi, pergudangan, telekomunikasi, hotel dan restoran (Penanaman Modal Asing).

Sementara dari sisi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), peningkatan nilai investasi didukung sektor perumahan, kawasan industri perkantoran, perdagangan dan reparasi.

"Sejauh ini realisasi investasi di Kota Kendari cukup baik. Meskipun target tahun ini sebesar Rp 1,6 triliun atau bisa dikata targetnya tidak rasional dari pemerintah tapi kita optimis capai target," ungkap Maman Firman Syah.

Mantan Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari ini menambahkan, target yang diberikan Pemprov Sultra tidak realistis mengingat kota Kendari tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA) seperti daerah lain.

"Kota Kendari hanya mengandalkan sektor pajak. Meski targetnya cukup tinggi tapi Ki upayakan bisa capai target," pungkasnya. (m4/ ags)

  • Bagikan