TABLIGH AKBAR DAN DOA BERSAMA

  • Bagikan
Ustadz Muhammad Fakhrurrazi Anshar. (IST)
Ustadz Muhammad Fakhrurrazi Anshar. (IST)

-- KPU Sultra Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Dalam rangka menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang aman dan damai pada 27 November mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar tabligh akbar dan doa bersama di Sahid Azizah Syariah Hotel & Conventiom Kendari, Senin (16/9).

Aktivitas religi itu dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, tokoh agama, serta sejumlah pejabat daerah. Acara ini merupakan salah satu upaya KPU untuk mengajak masyarakat terlibat aktif dalam menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Ketua KPU Sultra, Asril menyampaikan tujuan utama dari tabligh akbar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Pilkada sebagai sarana memilih pemimpin yang amanah dan mampu membawa perubahan positif bagi daerah.

Ketua KPU Sultra, Asril saat memberikan arahan dalam kegiatan Tabliqh Akbar.

“Melalui acara ini, kami berharap masyarakat Sultra dapat lebih memahami pentingnya partisipasi aktif dalam Pilkada, serta tetap menjaga suasana yang kondusif, damai, dan demokratis,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Asril mengingatkan pentingnya menjaga netralitas penyelenggara pemilu. Menurutnya, KPU harus menjamin seluruh tahapan Pilkada dilaksanakan sesuai dengan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan keadilan.

“Kami akan terus mengawasi dan memastikan setiap proses berjalan dengan baik tanpa ada intervensi dari pihak manapun,” katanya.

Ketua KPU Sultra, Asril (keempat dari kiri) bersama komisioner KPU Sultra foto bersama usai Tabliqh Akbar, Senin (16/09).

Selain itu, Asril menyampaikan saat ini pihaknya telah menuntaskan 80 persen tahapan Pilkada. Saat ini tinggal 71 hari menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna menyalurkan hak suara untuk memilih pemimpin daerah.

“71 hari lagi kita akan berbondong-bondong menuju TPS untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur. Bupati dan Wakil Bupati kemudian Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” jelasnya.

Asril mengatakan KPU telah menerima pendaftaran bakal calon (Bakal) Gubernur dan Balon Wakil Gubernur Sultra, Balon Bupati dan Balon Wakil Bupati, Balon Walikota dan Balon Wakil Walikota tepatnya pada 27-29 Agustus yang lalu.

Vocal group dari Majelis Taklim mendamaikan Tabliqh Akbar yang digelar KPU di Azizah Hotel.

Selanjutnya pada 15 September menyerahkan terhadap hasil klarifikasi dan dan verifikasi yang dilakukan oleh KPU terhadap seluruh bakal calon kepala daerah.

“Insyaa Allah kami akan melaksanakan pleno tertutup untuk menetapkan siapasiapa yang dari balon menjadi calon gubernur dan wakil gubernur. Calon Bupati dan Wakil Bupati, Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” ungkap Asril.

23 September pihaknya akan melakukan pengundian nomor urut terhadap calon Kepala Daerah. Siapa yang akan mencabut nomor undian satu, dua, tiga, dan empat. Karena KPU Sultra di masa pendaftaran hanya empat bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang didaftarkan oleh partai politik.

Masyarakat antusias mengikuti Tabliqh Akbar yang digelar KPU Sultra.

“Tanggal 24 September setelah pengundian kita akan melaksanakan deklarasi damai. Kita akan meminta kepada kandidat untuk melaksanakan kampanye damai sehingga tetap tercipta kondusivitas dan keamanan daerah,” tegasnya.

Untuk itu, Sekretariat dan KPU Sultra dalam momentum memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW yang bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1446 Hijriah dan tanggal 16 September 2024 mengajak seluruh masyarakat di Bumi Anoa untuk menyalurkan hak suaranya di Pilkada mendatang.

“Mari kita sama-sama menyukseskan Pilkada. Pada suara kita sangat menentukan untuk lima tahun ke depan,” tutupnya.

Masyarakat antusias mengikuti Tabliqh Akbar yang digelar KPU Sultra.

Tabligh akbar ini menghadirkan penceramah terkemuka, Ustadz Muhammad Fakhrurrazi Anshar yang menekankan pentingnya umat Islam untuk terlibat dalam memilih pemimpin yang memiliki integritas, serta mengedepankan prinsip-prinsip keadilan, kejujuran, dan amanah.

“Setiap suara yang kita berikan adalah amanah besar yang akan menentukan masa depan daerah kita,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan doa bersama yang dipimpin langsung Ustadz Muhammad Fakhrurrazi Anshar. Doa tersebut ditujukan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Pilkada di Sultra berjalan dengan lancar, tanpa adanya gangguan keamanan maupun kecurangan.

Masyarakat antusias mengikuti Tabliqh Akbar yang digelar KPU Sultra.

“Kita berharap melalui doa ini, seluruh proses demokrasi di Sultra dapat berlangsung dengan damai dan jauh dari segala bentuk konflik,” tandasnya.

Acara ini pun ditutup dengan harapan besar dari semua pihak agar Pilkada 2024 di Sultra berjalan lancar, damai, dan menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk daerah tersebut.

Masyarakat Sultra diimbau untuk tidak golput dan menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Dengan suksesnya Pilkada ini, diharapkan akan terwujud pemerintahan yang mampu membawa kesejahteraan dan kemajuan bagi seluruh masyarakat di wilayah tersebut. (m4/ags)

  • Bagikan

Exit mobile version