UHO Jadi Tuan Rumah KMI Expo XV 2024

  • Bagikan
Suasana rapat pelaksana KMI Expo XV tahun 2024, di Auditorium Mokodompit UHO, Jumat (14/9).(EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)
Suasana rapat pelaksana KMI Expo XV tahun 2024, di Auditorium Mokodompit UHO, Jumat (14/9).(EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) kembali diamanahi menjadi tuan rumah penyelenggaraan event nasional. Terbaru, universitas yang dipimpin Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu ini, ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XV (15) tahun 2024.

Jelang Expo tersebut, UHO melaksanakan rapat persiapan di Auditorium Mokodompit UHO, Jumat (14/9). Rencananya pelaksana event nasional tersebut akan berlangsung selama tiga hari terhitung sejak 23 hingga 24 Oktober, dengan mengangkat tema Wirausaha Rakyat Merdeka Membangun Kolaborasi, Mengukir Masa Depan Indonesia.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., mengatakan bahwa KMI Expo merupakan kegiatan besar yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek khususnya Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). “Event adalah kegiatan nasional, dengan adanya acara ini kita dapat melihat bagaimana potensi mahasiswa di bidang kewirausahaan,” ujarnya.

Prof Zamrun juga menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan dari Belmawa dengan tujuan untuk mencari potensi-potensi wirausaha. “Kegiatan ini sebenarnya bertujuan untuk mencari potensi wirausaha mahasiswa di seluruh Indonesia di luar dari prestasi akademik,” jelasnya.

Rektor dua periode UHO itu, menyebut bahwa setiap tahun UHO mengirimkan tim untuk mengikuti kegiatan KMI Expo di tahun-tahun sebelumnya. Dan tahun ini UHO menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan nasional tersebut. “Hari ini (13/9) kami melaksanakan rapat untuk kegiatan KMI Expo XV di UHO. Dengan tujuan untuk memantapkan persiapan-persiapan kita nantinya. Sehingga kita berharap kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar. Kemudian bagi mahasiswa atau tim yang mendapatkan hibah dari Kementerian, UHO selalu memberikan reward berupa bebas KKN dan itu setiap tahun dilakukan,” beber Ketuga Kagama Sultra tersebut.

Ketua Pelaksana KMI Expo XV, Dr. Sarina mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut akan diikuti oleh 364 Perguruan Tinggi, 3.700 mahasiswa, 741 dosen pendamping, 741 produk mahasiswa dan 400 stand bazar. Kemudian untuk peserta internal diikuti 15 fakultas 1 Pascasarjana, Dharma Wanita Persatuan (DWP) UHO, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). “Adapun kegiatan utama yakni KMI Award, pameran, pendamping wirausaha terbaik, seminar kewirausahaan dan sarasehan (pertemuan). Kemudian untuk kegiatan pendukung yakni kirab budaya, poster usaha, stand up comedy dan M-reels. Serta kegiatan lokal pasar malam, lomba masak mosolori dan pameran antara fakultas UHO,” ungkapnya.

Ia menerangkan, bahwa pada pelaksanaan KMI Expo kali ini, UHO akan melaksanakan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana pelaksanaannya akan dilaksanakan mulai dari siang hingga malam hari. “Di tahuntahun sebelumnya itu pelaksanaannya mulai dari pagi sampai siang. Namun pelaksanaan KMI Expo di UHO kali ini agak berbeda karena kami sediakan pasar malam. Ini juga untuk memberikan suatu gambaran bahwa UHO itu aman, nyaman dan bisa dikunjungi. Tentu kegiatan ini akan menghadirkan banyak produk,” terangnya.

Ia menambahkan, bahwa dengan adanya KMI Expo XV tersebut diharapkan dapat melahirkan wirausaha-wirausaha muda bahkan bisa bersaing di tingkat nasional. Karena salah satu indikator untuk melihat kemajuan sebuah negara itu dilihat dari prestasi kewirausahaan atau wirausaha yang terdapat pada sebuah negara. “Kita juga harapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan,” pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan