Tingkatkan Akses Sanitas di Wilayah Terpencil

  • Bagikan
Pj Bupati Bombana Edy menerima bantuan BSPK-MCK Komunal dari Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.(IST)
Pj Bupati Bombana Edy menerima bantuan BSPK-MCK Komunal dari Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.(IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bombana menerima Bantuan Sanitasi Perkotaan dan Kampung (BSPK) - MCK Komunal dari Direktorat Jenderal Perumahan, melalui pendanaan DIPA Satuan Kerja Direktorat Rumah Umum dan Komersial, untuk meningkatkan akses sanitasi di wilayah terpencil. Bantuan ini mencakup dua unit BSPK - MCK Komunal di Desa Ranokomea, Kecamatan Poleang Barat, dan dua unit di Desa Pulau Tambako, Kecamatan Mataoleo.

Pj Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, menyatakan fasilitas ini akan meningkatkan kesehatan masyarakat dan kebersihan lingkungan, serta menjadi bagian dari komitmen pemerintah dalam mengurangi ketimpangan pembangunan. Program ini untuk memperbaiki kondisi sanitasi serta memberikan fasilitas publik yang lebih layak bagi masyarakat di wilayah-wilayah yang membutuhkan.

“Program ini merupakan bentuk nyata dari sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara merata,” ungkapnya.

Diakuinya, penyerahan fasilitas ini merupakan bagian dari langkah strategis pemerintah dalam memastikan setiap warga, mendapatkan akses yang adil terhadap layanan publik yang mendasar, seperti sanitasi yang layak.

“Dengan adanya fasilitas MCK komunal ini, diharapkan masyarakat dapat hidup dengan lebih sehat dan lingkungan menjadi lebih bersih. Ini adalah langkah awal dari berbagai program yang akan terus kita galakkan demi meningkatkan kualitas hidup warga Bombana,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Edy menegaskan pemerintah daerah akan terus berupaya untuk mengoptimalkan pengelolaan fasilitas ini melalui pemberdayaan masyarakat setempat. Untuk itu, partisipasi aktif masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjaga dan memelihara fasilitas ini.

“Kami berharap dengan adanya komitmen bersama, fasilitas ini dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari warga,” pungkasnya. (idh/b)

  • Bagikan

Exit mobile version