Libatkan Warga Dalam Pengawasan

  • Bagikan
PANTAU BERSAMA : Jajaran Panwascam di Laskep mengajak warga terlibat aktif dalam pengawasan, demi menjaga kualitas demokrasi pada Pilkada, November 2024 mendatang. (HELMIN TOSUKI/KENDARI POS)
PANTAU BERSAMA : Jajaran Panwascam di Laskep mengajak warga terlibat aktif dalam pengawasan, demi menjaga kualitas demokrasi pada Pilkada, November 2024 mendatang. (HELMIN TOSUKI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Lasolo Kepulauan (Laskep) mengajak warga secara aktif untuk terlibat dalam pengawasan pada Pilkada tahun 2024. Ajakan tersebut dilakukan melalui sosialisasi pengawasan partisipatif dalam mengoptimalkan pengawasan tahapan pemilihan gubernur Sulawesi Tenggara serta bupati Konawe Utara (Konut) tahun 2024.

Ketua Panwascam Lasolo Kepulauan, Agus Dermawan, menuturkan pentingnya partisipasi masyarakat untuk memantau dan melaporkan pelanggaran pemilihan secara real time. Karenanya, penggunaan teknologi informasi menjadi salah satu kunci dalam optimalisasi pengawasan tersebut.

“Dengan pengawasan partisipatif yang ketat maka kecurangan dalam pemilihan seperti money politic, manipulasi suara dan intimidasi pemilih dapat diminimalisir. Juga memastikan proses pemilihan yang jujur dan adil,” ujar Agus Dermawan, Jumat (13/9).

Pengawasan yang optimal tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap hasil pemilihan. Tetapi memastikan suara rakyat benar-benar terwakili. Transparansi dan akuntabilitas menjadi fokus utama, karena setiap tahap pemilihan mulai dari kampanye hingga penghitungan suara dilakukan secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Terdapat empat jenis pelanggaran. Mulai dari pelanggaran administratif, pidana Pemilu, kode etik serta perundang-undangan lainnya, seperti netralitas ASN, perangkat kalurahan, desa maupun penyebaran berita hoaks hingga ujaran kebencian,” rinci Agus Dermawan dalam sosialisasi di Balai Desa Waturambaha dan turut dihadiri Camat Lasolo Kepulauan, Hamrin. (c/min)

  • Bagikan