Yusmin Bupati Sementara Kolaka Utara

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto (kanan) melantik Kepala Dinas Dikbud Sultra, Yusmin sebagai Pj Bupati Kolaka Utara (kiri) di kantor gubernur, Kamis (12/9/2024). (FRANS PATADUNGAN / BIRO ADPIM PEMPROV SULTRA)
Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto (kanan) melantik Kepala Dinas Dikbud Sultra, Yusmin sebagai Pj Bupati Kolaka Utara (kiri) di kantor gubernur, Kamis (12/9/2024). (FRANS PATADUNGAN / BIRO ADPIM PEMPROV SULTRA)

-- Pj Gubernur Perintahkan Yusmin Sukseskan Pilkada dan Tetap Netral

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Yusmin kini punya tugas tambahan dari negara. Yusmin diperintahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk menjadi Bupati sementara di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Yusmin dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kolut oleh Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto di kantor gubernur, Kamis (12/9/2024). Yusmin menggantikan Pj Bupati Kolut sebelumnya, Sukanto Toding yang juga Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sultra. Masa jabatan Yusmin sebagai Pj Bupati Kolut paling lama 1 tahun sejak tanggal dilantik. Tugas Yusmin sebagai “pengendali” Kabupaten Kolut tidak mudah. Ia akan bertugas di tengah “panas”nya suhu politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024. Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto memerintahkan Pj Bupati Kolut Yusmin dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut untuk menyukseskan agenda nasional yakni Pilkada serentak.

Pj Gubernur Andap menginstruksikan bergerak cepat dan memastikan segala sesuatunya berjalan dengan lancar, mengingat Pilkada akan berlangsung 2 bulan 14 hari lagi.

“Pastikan penyelenggaraan Pilkada di Kolaka Utara dapat berjalan dengan aman, damai, dan kondusif. Jaga netralitas serta fokus pada amanah tugas yang diberikan, dan jangan sampai ada pelanggaran,” perintah Pj Gubernur Andap kepada Pj Bupati Kolut, Yusmin usai pelantikan.

Titah lainnya Pj Gubernur Andap adalah Pj Bupati Yusmin tidak terlibat dalam politik praktis dan tidak mendukung salah satu pasangan calon di Pilkada Kolut. “Karena itu sangat penting untuk menjaga netralitas dan fokus kepada amanah tugas yang diberikan selaku Pj Bupati Kolut. Saya tidak mau dengar saudara (Pj Bupati Kolut, Yusmin) melanggar semua itu. Apabila melanggar, anda siap menerima risiko dan berhadapan dengan hukum,” tegasnya.

Pj Gubernur Andap juga mengingatkan Pj Bupati Yusmin akan pentingnya sinergisitas dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam mewujudkan program-program strategis nasional. “Pelantikan ini adalah bagian dari upaya kita untuk terus mengawal pelaksanaan kebijakan nasional di seluruh daerah, termasuk di Kolaka Utara,” ujarnya.

Sekjen Kemenkumham RI itu menekankan pentingnya menindaklanjuti kebijakan nasional karena itu adalah prioritas utama. “Jaga stabilitas harga pangan dan jasa, percepat pengentasan kemiskinan, penanganan stunting dengan tepat sasaran, dan dukung penuh pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN). Selain itu, pastikan percepatan realisasi target pendapatan dan belanja APBD serta memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024,” imbuh Pj Gubernur Andap.

Mantan Kapolda Sultra itu berharap agar Pj Bupati Yusmin bekerja penuh kesungguhan, ikhlas, dan didasari semangat pengabdian yang tinggi dalam melayani masyarakat Kolut.

“Jabatan ini adalah amanah dari Allah SWT dan kepercayaan pimpinan. Jaga amanah ini dengan disiplin, kerja keras, dan komitmen moral yang tinggi. Harus ada prestasi dan legacy yang ditinggalkan untuk kemaslahatan umat,” imbuh Pj Gubernur Andap.

Di akhir kata sambutannya, Pj Gubernur Andap menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan capaian kinerja mantan Pj Bupati Kolut, Sukanto Toding. “Terima kasih atas dedikasi dan prestasi yang saudara dan istri torehkan selama menjabat sebagai Pj Bupati dan Ketua TP PKK Kolaka Utara. Selamat bergabung kembali di Pemprov Sultra. Semoga saudara dan keluarga selalu sehat, bahagia, dan dalam lindungan Allah SWT,” tutup Pj Gubernur Andap.

Sementara itu, Pj Bupati Kolut, Yusmin mengaku akan langsung bekerja dan mengemban amanah yang diberikan Pj Gubernur Sultra dengan baik, terutama soal pelaksanaan Pilkada. “Sebagai pemerintah tentu harus menjaga netralitas. Saya siap diberhentikan dari jabatan (Pj Bupati Kolut) bila ditemukan terlibat dalam politik praktis,” ujarnya usai pelantikan.

Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sultra itu juga berkomitmen menunaikan arahan Presiden RI terkait penurunan angka stunting, kemiskinan ekstrem dan inflasi daerah. “Dan ini menjadi tanggung jawab saya sebagai Pj Bupati dalam waktu yang singkat ini,” ungkapnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio, Wakil Ketua DPRD Sultra Nursalam Lada, mantan Pj Bupati Kolut Sukanto Toding, pimpinan kantor wilayah Kementerian/ Lembaga yang ada di Sultra dan anggota DPRD Kolut.

Untuk diketahui, pelantikan Yusmin sebagai Pj Bupati Kolut berdasarkan Keputusan Mendagri nomor 100.2.1.3-3657 Tahun 2024 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Kolut, Provinsi Sultra. (rah/b

  • Bagikan

Exit mobile version