Raih Dua Penghargaan, Bukti Transparansi Pengelolaan Keuangan

  • Bagikan
Kepala BKAD Konsel, H. Nisbanurrahim. (IST)
Kepala BKAD Konsel, H. Nisbanurrahim. (IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) terus memerlihatkan eksistensinya dalam pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan efektif. Terbaru, berhasil meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang Government Finance Statistics (GFS) Award 2023 yang diselenggarakan pihak Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam kegiatan yang berlangsung di Aula Kanwil DJPb Sultra, Kamis (12/9), Konsel dinobatkan sebagai peraih peringkat pertama kategori mitra kerja terbaik Pemerintah Kabupaten.

Penghargaan ini diberikan atas kontribusi signifikan pemerintah daerah dalam menyajikan data valid, berkualitas, serta tepat waktu dalam pelaporan keuangan. Hal ini mencerminkan komitmen Pemkab Konsel dalam mendukung transparansi pengelolaan anggaran. Kepala Kanwil DJPb Sultra, Syarwan, menegaskan, penghargaan diberikan setelah memertimbangkan berbagai kriteria, termasuk validitas dan kualitas data, ketepatan waktu penyampaian, serta komunikasi yang baik antara Pemkab dan institusinya.

“Dengan penghargaan ini, Pemerintah Daerah yang lain juga dapat termotivasi untuk terus meningkatkan kinerjanya,” harap Syarwan, kemarin.

Selain itu, Pemkab Konsel juga kembali meraih prestasi sebagai terbaik I dalam kategori kinerja pengelolaan dana alokasi khusus (DAK) fisik dan dana desa (DD) semester pertama anggaran 2024.

Penghargaan ini semakin mengukuhkan Konsel sebagai daerah yang berhasil dalam mengelola anggaran pembangunan, khususnya dalam pemanfaatan DAK fisik. Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas penghargaan yang diterima jajarannya. Menurutnya, penghargaan ini adalah hasil kerja keras semua elemen pemerintah dan masyarakat dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras, sehingga Konsel bisa meraih penghargaan. Semoga prestasi ini dapat kita pertahankan dan terus ditingkatkan,” ujar Surunuddin.

Bupati dua periode itu juga menekankan, prestasi bukan hanya soal penghargaan, melainkan tentang bagaimana pengelolaan keuangan yang baik mampu mendukung program-program pembangunan untuk memberi dampak langsung pada kesejahteraan masyarakat.

“Pengelolaan keuangan yang baik adalah pondasi kuat dalam mewujudkan visi besar kami untuk menjadikan Konawe Selatan sebagai daerah yang maju, sejahtera dan berdaya saing,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Konsel, H. Nisbanurrahim. Menurutnya, raihan penghargaan tersebut tak lepas dari upaya sinergis antara BKAD dengan seluruh OPD dalam memastikan tata kelola keuangan berjalan sesuai prinsip akuntabilitas dan transparansi.

“Kami di BKAD terus berupaya meningkatkan kualitas pelaporan keuangan dan memastikan, setiap alokasi anggaran digunakan seefektif mungkin. Prestasi ini adalah bukti kerja sama yang baik seluruh OPD telah menghasilkan pengelolaan keuangan yang optimal,” ujar Nisbanurrahim.

Ia juga menambahkan, penghargaan itu akan menjadi pemacu semangat bagi seluruh tim BKAD dan Pemkab untuk terus menjaga kualitas dan integritas pengelolaan anggaran. (b/ndi)

  • Bagikan

Exit mobile version