Hadapi Akreditasi Internasional, Kimia FMIPA UHO Siapkan Borang

  • Bagikan
Mahasiswa Kimia FMIPA UHO tengah mengikuti proses perkuliahan. (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)
Mahasiswa Kimia FMIPA UHO tengah mengikuti proses perkuliahan. (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Setelah mengantongi akreditasi unggul tahun 2023 lalu. Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Halu Oleo (FMIPA UHO) kembali ditunjuk untuk persiapan akreditasi internasional di tahun 2025 mendatang.

Ketua Jurusan Kimia FMIPA UHO, La Ode Ahmad, S.Si.,M.Si., Ph.D., mengatakan bahwa tahun ini Program Studi (Prodi) Kimia FMIPA UHO ditunjuk untuk mempersiapkan akreditasi internasional di Akkreditierungsagentur fur Studiengange der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN) tahun depan (2025).

“Tahun depan kita akan mengajukan akreditasi internasional di ASIIN,” ungkapnya. Ahmad menjelaskan, bahwa pada tahun 2022 lalu Prodi Kimia FMIPA UHO pernah menyiapkan borang atau dokumen akreditasi internasional. Namun kesempatan yang sama Prodi Kimia FMIPA UHO itu akan mengajukan akreditasi di Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA). “Sebenarnya Prodi S1 Kimia pernah m e n y i a p k a n ASIIN tahun 2022 lalu, namun karena b e r t e p a t a n dengan Akreditasi LAMSAMA maka Prodi S1 Kimia memilih untuk fokus dulu ke akreditasi LAMSAMA,” jelasnya.

Ia juga menerangkan, bahwa setelah fokus pada akreditasi LAMSAMA Prodi Kimia FMIPA UHO akhirnya mendapatkan hasil yang memuaskan dengan raihan akreditasi unggul. “Setelah kami mendapatkan unggul, kami kembali ditunjuk menyiapkan akreditasi internasional di lembaga ASIIN,” terangnya.

Pada tahap awal, lanjut Ahmad, pihaknya terlebih dulu melakukan benchmarking ke Prodi Kimia yang terdapat di Perguruan Tinggi lain dan telah terakreditasi ASIIN. “Setelah itu kami, kemudian menyusun dokumen sesuai format yang ditentukan ASIIN. Yang tidak kalah penting adalah menyiapkan sarana-prasarana sesuai standar ASIIN. Ini semua perlu dukungan dari semua stakeholder,” bebernya.

Ia menambahkan, bahwa dalam waktu dekat ini akan dilakukan pembentukan tim akreditasi internasional. “Secara formal belum ada. Namun, timnya sama dengan penyusun borang akreditasi LAMSAMA. Sehingga dalam waktu dekat ini kita akan kembali membentuk tim penyusun akreditasi internasional Prodi Kimia FMIPA UHO,” pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan