Garda Terdepan Menjaga Teritorial Laut

  • Bagikan
Komjen Pol (P) Dr.(HC) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H Penjabat Gubernur Sultra (IST)
Komjen Pol (P) Dr.(HC) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H Penjabat Gubernur Sultra (IST)

--Kobarkan Semangat Jalesveva Jayamahe

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) jatuh setiap tanggal 10 September. Tahun ini, peringatan HUT ke 79 TNI AL mengangkat tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Dalam momen bersejarah ini, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto menyampaikan peringatan HUT TNI AL ini merupakan kesempatan untuk mengingat kembali sejarah panjang berdirinya Angkatan Laut Indonesia yang kokoh dalam menjaga kedaulatan wilayah perairan Nusantara.

Dijelaskan, peringatan HUT TNI AL memiliki akar historis yang sangat dalam. Sejarah ini bermula pada 10 September 1945, ketika Badan Keamanan Rakyat Laut (BKR Laut) pertama kali dibentuk. BKR Laut dibentuk oleh para tokoh bahariawan, yang pada masa penjajahan Belanda bekerja di Koninklijke Marine dan pada masa penjajahan Jepang menjadi bagian dari Kaigun, angkatan laut kekaisaran Jepang.

"Para tokoh bahariawan tersebut kemudian mengambil inisiatif untuk mendirikan kekuatan pertahanan laut yang berperan penting dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Momen sejarah tersebut menjadi tonggak penting bagi eksistensi Angkatan Laut di Negara Kesatuan Republik Indonesia,"kata Andap kemarin.

Andap menegaskan peringatan HUT ke-79 TNI AL bukan hanya tentang mengenang sejarah, tetapi juga tentang mengokohkan komitmen dan semangat pengabdian dalam menghadapi tantangan yang dihadapi oleh bangsa ini. Di tengah perubahan global yang dinamis dan kompleks, peran TNI AL sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan stabilitas perairan Indonesia semakin krusial.

"Dirgahayu TNI AL ke-79 tahun 2024. Terima kasih atas semangat dan pengabdiannya dalam menjaga perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia,"pungkasnya. (b/rah)

  • Bagikan