Delapan OPD Kolaborasi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

  • Bagikan
Masyarakat yang hadiri kegiatan penyerahan bantuan secara simbolis yang diberikan oleh delapan OPD lingkup Pemkab Wakatobi. (IST)
Masyarakat yang hadiri kegiatan penyerahan bantuan secara simbolis yang diberikan oleh delapan OPD lingkup Pemkab Wakatobi. (IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemkab Wakatobi menyalurkan berbagai bantuan kepada masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat ketahanan pangan. Ada delapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Wakatobi berkolaborasi untuk memberi bantuan itu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wakatobi, Nadar yang membuka kegiatan di Kecamatan Wangi-Wangi itu menyerahkan bantuan secara simbolis, kemarin.

“Bantuan ini diharapkan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor. Serta memperkuat sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam menghadapi tantangan sosial dan ekonomi,” ujar Nadar.

Sebanyak delapan OPD yang berkontribusi di antaranaya, Dinas Ketahanan Pangan Wakatobi memberikan bantuan cadangan pangan kepada sebanyak 344 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Wangi-Wangi. Total penerima sebanyak 2.362 KK.

Sementara itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wakatobi menyerahkan bantuan program Merdeka Belajar yang mencakup 7.260 orang. Ini sebagai dukungan terhadap pendidikan yang inklusif dan berkualitas di Wakatobi. Dari Dinas Kesehatan Wakatobi turut berpartisipasi melalui bantuan peralatan kesehatan kepada tiga orang per desa, yang disalurkan melalui Program Merdeka Sehat.

Ada juga dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Wakatobi yang bekerja sama dengan CSR Bank Sultra, menyalurkan bantuan pangan murah sebanyak 2.000 paket kepada masyarakat yang membutuhkan. Lalu dari Dinas Pertanian Wakatobi memberikan bantuan sebesar Rp jual beli menjadi lebih mudah, biaya distribusi dapat ditekan, dan daya saing produk lokal meningkat. Selain itu, peningkatan aktivitas ekonomi di pasar ini diharapkan memicu efek domino berupa peningkatan pendapatan dan pembukaan lapangan kerja di wilayah tersebut. “Dengan pengalihan aset ini, kami siap memanfaatkan pasar ini sebagai penggerak utama perekonomian daerah. Pasar ini akan berperan penting dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memberikan peluang yang lebih besar bagi para pedagang untuk berkembang,” tambah Rahman. (idh/b) 50 juta per kelompok untuk program pekarangan lestari. Dengan total penerima sebanyak 12 kelompok di Wakatobi.

Dari Dinas Kelautan dan Perikanan Wakatobi menyerahkan bantuan mesin tempel kepada para nelayan guna mendukung sektor perikanan lokal, yang menjadi salah satu sektor andalan Kabupaten Wakatobi. Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Wakatobi memberikan santunan sebesar Rp 42 juta kepada pekerja non-ASN dan pekerja sara, serta menyerahkan tiga kartu ketenagakerjaan sebagai bentuk dukungan terhadap kesejahteraan pekerja.

Adapun Dinas Sosial Wakatobi menyerahkan bantuan kepada masyarakat melalui program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk sektor pertanian, perikanan serta bantuan sosial lainnya. (thy/b)

  • Bagikan