Prof Zamrun Menjalin Kerja Sama Internasional

  • Bagikan
Rektor UHO Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S. Si.,M.Si.,M. Sc (2 dari kanan) didampingi Dekan Fisip UHO Prof.Eka Suaib (kanan) menjalin kerja sama dengan Universitas Putra Malaysia (UPM). Penandatanganan kerja sama itu disaksikan Wakil Menteri Pendidikan Malaysia, Mustafa (tengah) di Malaysia, Rabu (4/9/2024). (IST)
Rektor UHO Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S. Si.,M.Si.,M. Sc (2 dari kanan) didampingi Dekan Fisip UHO Prof.Eka Suaib (kanan) menjalin kerja sama dengan Universitas Putra Malaysia (UPM). Penandatanganan kerja sama itu disaksikan Wakil Menteri Pendidikan Malaysia, Mustafa (tengah) di Malaysia, Rabu (4/9/2024). (IST)

-- Mahasiswa UHO Aisyah Raih Penghargaan di Malaysia

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S. Si.,M.Si.,M.Sc konsisten membawa UHO ke panggung internasional dengan menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi luar negeri. Buktinya, Rektor Prof.Zamrun diundang ke Malaysia dan menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Putra Malaysia (UPM) dan Universitas Thailand yang disaksikan Wakil Menteri Pendidikan Malaysia, Mustafa, Rabu (4/9/2024).

Kesepakatan kerja sama itu terjalin dalam momen Seminar Serantau Isu-isu Komuniti (SSIK) yang digelar di Universitas Putra Malaysia (UPM) sejak 3 hingga 4 September 2024 di Malaysia. Kegiatan itu diikuti 3 negara yakni Malaysia, Indonesia dan Thailand. Kerja sama yang dibangun terkait implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dalam menyikapi isuisu negara serantau.

Rektor Prof. Zamrun menekankan pentingnya kolaborasi internasional dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di UHO. Rektor Prof. Zamrun mengatakan pentingnya kerja sama dengan universitas-universitas baik di dalam maupun luar negeri. “Beberapa kerja sama internasional yang telah berjalan termasuk dengan institusi di Jepang, Malaysia, Australia, dan Eropa,” ujarnya, Rabu (4/9/2024).

Dalam Seminar Serantau Isu-isu Komuniti (SSIK) itu, mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) bernama Aisyah menorehkan prestasi membanggakan. Aisyah, mahasiswi Program Studi (Prodi) Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) angkatan 2021 menyabet penghargaan The Best Presenter Series 5/2024.

Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun mengapresiasi prestasi yang diraih Aisyah. Menurutnya, sukses tersebut diraih berkat keseriusan Aisyah dalam mengikuti kompetisi dalam rangkaian seminar internasional tersebut.

Prof.Zamrun menambahkan, UHO masih memiliki banyak mahasiswa yang berpotensi seperti Aisyah sehingga pihaknya terus menggali potensi mahasiswa agar bisa berkembang dan mengharumkan nama UHO di kancah internasional.

“Intinya setelah kita berikan kesempatan, mereka bisa. Dan saya kira mahasiswa kita di UHO banyak yang memiliki potensi. Tinggal kebijakan prodi, jurusan dan yang mendukung, memetakan potensi mereka agar bisa berprestasi,” kata Prof.Zamrun saat dihubungi Kendari Pos, kemarin.

Alumni Universitas Gajah Mada (UGM) ini berharap, prestasi yang ditorehkan Aisyah bisa memotivasi mahasiswa lainnya. “Kami harap mahasiswa terus mengembangkan diri agar berprestasi. Minimal bisa menyamai atau melebihi prestasi yang ditorehkan Aisyah,” kata Prof.Zamrun.

Sebelumnya, Wakil Dekan (Wadek) III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fisip UHO, Dr. Jopang mengatakan torehan prestasi Aisyah diajang internasional ini tak lepas dari dukungan Rektor UHO Prof Muhammad Zamrun Firihu yang turut hadir dalam ajang tersebut.

“Judul makalah yang dibawakan Aisyah adalah analysis of the use articial intelligence perplexity technology in general information search (case study: on students of the faculty of social and political sciences, Halu Oleo university),” ujar Jopang, kemarin.

Sekedar informasi, ajang SSIK di Universitas Putra Malaysia juga dirangkaikan dengan penandatangan MoU antara UHO dengan Universitas yang ada di Malaysia dan Thailand. Turut hadir dalam penandatangan MoU yakni Rektor UHO Prof.Muhammad Zamrun, Wakil Menteri Pendidikan Malaysia Mustafa, perwakilan Rektor Universitas Putra Malaysia, Universitas Thailand, dan Dekan Fisip UHO Prof.Eka Suaib, wakil dekan Fisip, ketua jurusan dan ketua prodi Fisip UHO. (ags/b)

  • Bagikan