Harumkan Nama Sultra, Bawa Pulang Medali

  • Bagikan
PELEPASAN KONTINGEN PON : Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto menyalami atlet pada pelepasan kontingen Sultra yang akan berlaga pada PON XXI di ruang pola kantor Setprov Sultra, Senin (2/9). (RAHMA SAFITRI/KENDARI POS)
PELEPASAN KONTINGEN PON : Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto menyalami atlet pada pelepasan kontingen Sultra yang akan berlaga pada PON XXI di ruang pola kantor Setprov Sultra, Senin (2/9). (RAHMA SAFITRI/KENDARI POS)

-- Utus 147 Atlet, Tarung di 29 Cabor

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto secara resmi melepas 148 atlet yang akan bertanding dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XXI yang diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024. Acara pelepasan tersebut dilangsungkan di ruang pola kantor Sekretariat Provinsi (Setprov) Sultra, Senin (2/9).

Pelepasan kontingen turut dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Sultra, Ketua KONI Sultra, Danrem 143/HO dan Forkopimda Tingkat 1 Sultra dan Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Sultra.

Dalam sambutannya, Andap menekankan pentingnya semangat dan dedikasi dari para atlet yang akan bertanding di ajang olahraga nasional bergengsi ini. Ia menegaskan momen ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi Sultra untuk menunjukkan prestasi terbaiknya di panggung nasional.

"Hari ini adalah hari luar biasa. Para atlet kita telah mempersiapkan diri dengan sangat baik, dan sekarang saatnya untuk menunjukkan kepada seluruh bangsa bahwa kita siap menang dan mengharumkan nama Sultra," ujar Andap.

Ia menekankan pentingnya belajar dari sejarah, baik dari para pahlawan bangsa maupun dari pengalaman PON sebelumnya, di mana Sultra berhasil meraih 15 medali yang terdiri dari 5 emas, 5 perak, dan 5 perunggu. Besar harapannya pada PON kali ini, para atlet dapat mempersembahkan lebih banyak medali dan mencatatkan prestasi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kita harus memiliki semangat dan tekad yang tinggi, belajar dari para pahlawan dan syuhada kita, untuk membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin," ujarnya.

Andap menyebutkan kontingen Sultra pada PON kali ini terdiri dari terdiri dari 148 atlet, 43 pelatih, serta 4 orang mekanik dan ofisial. Atlet-atlet ini akan bertanding dalam 29 cabang olahraga dari , di antaranya dayung, softball, tinju, kempo, dan hapkido, yang menjadi unggulan provinsi Sultra.

"Harapannya, prestasi kontingen Pon Sultra tahun ini harus lebih baik dari Pon Papua tahun 2021 lalu," tegasnya.

Andap mengingatkan agar kontingen selalu menjaga sportivitas serta tampil maksimal dalam setiap pertandingan. “Junjung tinggi sportivitas saat bertanding dan harumkan nama Sultra di kancah nasional,” ucapnya.

Untuk mendukung pelaksanaan PON Aceh-Sumut tahun 2024 ini, Pemerintah Provinsi Sultra telah mengalokasikan dana hibah sebesar Rp11 miliar. Yang mana, Rp 7,4 miliar khusus untuk kegiatan PON

Ia berharap agar dukungan ini dapat dikelola dengan baik untuk memberikan dampak maksimal bagi kontingen PON Sultra.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Andap menyampaikan ucapan selamat serta doa dan harapannya bagi kontingen Sultra. Ia juga mengingatkan para atlet untuk menjaga kesehatan. Selamat bertanding, teriring harapan dan doa semoga kontingen, khususnya para atlet yang akan bertanding, dapat meraih prestasi terbaik, memperoleh medali, dan pulang kembali ke Sultra dengan sehat dan aman

"Jaga kesehatan, stamina, dan jangan lupa untuk menjunjung tinggi sportivitas. Kembalilah ke Sulawesi Tenggara dengan membawa prestasi yang membanggakan," pungkasnya.

Semenyata itu, Ketua KONI Sultra, Alvian menambahkan untuk pertama kalinya Sultra berhasil meloloskan 29 cabang olahraga ke PON, sebuah pencapaian bersejarah bagi daerah tersebut. Dari 54 cabang olahraga yang ada di Sulawesi Tenggara, 40 cabang mengikuti Pra-PON, dan dari situ, 29 cabang berhasil lolos ke PON 2024.

"Ini adalah sejarah baru bagi Sulawesi Tenggara. Kita berharap para atlet dapat mengukir prestasi yang membanggakan dan membawa pulang medali untuk daerah kita," ujar Alvian.

Alvian menguraikan para atlit yang diberangkatkan terdiri dari 148 atlet, dimana sebanyak 130 di antaranya didanai oleh anggaran KONI dan 18 lainnya menggunakan biaya mandiri atau sponsor. (b/m1/rah)

  • Bagikan