MILITAN DAN TANGGUG JAWAB,Komitmen Dukung Pembangunan Nasional

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pasca dilantik oleh Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto pada Rabu (27/12) 2023 dan resmi menyandang status Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo langsung bergerak cepat menjalankan tugas dan fungsi pemerintahannya dengan baik. Akselerasi pembangunan difokuskan pada upaya-upaya mendukung program pemerintah pusat. Antara lain, penanganan inflasi, penanganan stunting, peningkatan kualitas pelayanan publik, penanganan penganguran terbuka, dan memfasilitasi pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

“Dalam pelaksanaan pembangunan, kita tetap komitmen melaksanakan pembangunan yang telah direncanakan. Kemudian tetap bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat dalam mendukung pembangunan nasional,” kata La Ode Butolo.

Masa jabatan La Ode Butolo sebagai Pj Bupati Mubar memang masih sangat belia dan belum genap setahun. Kendati demikian tangan dinginya telah mengantarkan Mubar mengalami banyak kemajuan. Semua sangat jelas dan terukur dalam capaian indikator pembangunan yang dijalankan pada 2024. Antara lain yaitu angka indeks pembangunan manusia (IPM) yang mencerminkan capaian kinerja pembangunan pada sektor pendidikan, kesehatan, maupun daya beli masyarakat. Dimana IPM Mubar terus meningkat dari 66,21 naik menjadi 67,44 persen.

Pj Bupati Mubar La Ode Butolo saat memamtau
harga pasar dalam upaya menekan laju inflasi.

Kemudian laju pertumbuhan ekonomi dan PDRB per kapita dalam dua tahun terakhir telah mengalami pertumbuhan positif yaitu dari 4,08 persen naik menjadi 5,46 persen. Sementara itu PDRB perkapita terus mengalami kenaikkan dari Rp 35,4 juta menjadi Rp 37,93 juta pada akhir 2023.

“Ini yang harus kita pertahankan bahkan dipacu pertumbuhannya. Yaitu dengan memprioritaskan program pembangunan yang dapat menggerakkan perekonomian lokal, dalam bentuk bantuan dana ataupun dana bergulir sebagai stimulan menggairahkan perkembangan usaha di Mubar,” ucapnya.

Partisipasi angkatan kerja di Mubar juga berhasil ditekan dari 2,40 persen turun menjadi 2,22 persen. Hal ini menujukan program untuk menekan pengangguran berjalan dengan baik. Karena terjadi peningkatan jumlah usaha baru yang mendorong peningkatan angkatan kerja.

Pj Bupati Mubar La Ode Butolo (kiri) bersama ketua DPRD Mubar, Wa Ode Sitti Sariani Illahi saat menyerahkan dokumen APBD

Hal itu kemudian turut mendorong angka kemiskinan ekstrim di Mubar mengalami penurunan. Dari 2,89 persen turun menjadi 0,53 persen saat ini. Capaian ini mendukung target pemerintah pusat sesuai dengan Inpres nomor 4 tahun 2022 tentang pencapaian penurunan kemiskinan ekstrim yang ditargetkan 0 persen pada 2024. Seluruh keberhasilan dan capaian pembangunan Pemkab Mubar itu tentu tidak lepas dari sosok La Ode Butolo yang memiliki semangat dan dedikasi tinggi untuk memajukan Mubar.

“Oleh karena itu dalam menghadapi tantangan dan hambatan dimasa mendatang mari kita bangun kebersamaan dengan semangat, kekeluargaan dan gotong royong dalam berkontribusi membangun Mubar. Semangat dan dedikasi masyarakat Mubar dalam mendukung dan mengawasi pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan sosial kemasyarakatan sangat dibutuhkan dalam upaya menjadikan Mubar yang mandiri, berdaya dan berkelanjutan,” tutupnya. (ahi/adv)

La Ode Butolo, SP., ST., MM

TTL : Latugho, 23 Desember 1968
Pekerjaan: Pegawai Negeri Sipil
Pangkat/golongan: Pembina Utama
Muda, golongan IV/c

Rekam Karir PNS:

-Pengangkatan Pegawai Negeri
Sipil tahun 1998, pada Dinas
Pekerjaan Umum Provinsi
Sulawesi Tenggara.

-Tahun 2001-2006 diangkat
menjadi pimpro pengairan
(SDA)

-Tahun 2007 pindah ke Kemetrian
PU di Dirjen Sumber Daya Air

-Tahun 2008 jadi PPK di Dirjen Sumber
Daya Air wilayah irigasi wilayah Muna
dan Buton Provinsi Sulawesi Tenggara

-Tahun 2010 kembali pindah di Dinas PU
Provinsi Sulawesi Tenggara

-Tahun 2011 - 2013 diangkat jadi
kepala bidang marga di Dinas PU
Kabupaten Muna

-Tahun 2014 - 2016 diangkat jadi Kepala
Bidang Bina Marga dan Kepala Bidang
Sumber Daya Air di Dinas PU
Kabupaten Muna Barat

-Tahun 2017 - 2019 diangkat jadi
Kepala Dinas Perumahan,
Pemukiman dan Pertanahan
Kabupaten Muna Barat

-Tahun 2020 - 2022 diangkat
sebagai Kepala Dinas PU Kabupaten
Muna Barat

-Tahun 2023 diangkat sebagai Staf
Ahli Bupati di Bidang Hukum,
Pemerintahan dam Politik Kabupaten
Muna Barat

-Tahun 2023 Dilantik menjadi Penjabat
(Pj) Bupati Mubar sampai sekarang

  • Bagikan

Exit mobile version