Kerja Nyata Berbuah Penghargaan

  • Bagikan
Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo (kedua dari kanan) Sekda Mubar, Husein Tali (kedua dari kiri) berpose usai mengikuti kegiatan Paritrana award. (IST)
Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo (kedua dari kanan) Sekda Mubar, Husein Tali (kedua dari kiri) berpose usai mengikuti kegiatan Paritrana award. (IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Masyarakat Kabupaten Muna Barat (Mubar) patut berbangga memiliki sosok Penjabat (Pj) Bupati seperti La Ode Butolo SP.,ST.,MM. Ia merupakan pemimpin yang memiliki jiwa visioner membangun daerah. Terbukti, di bawah kepemimpinanya, Mubar berhasil meraih sejumlah penghargaan. Reward yang didapatkan itu merupakan hasil dari kerja nyata membangun Mubar.

Sederet penghargaan yang berhasil didapatkan Pemkab Mubar di era kepemimpinan La Ode Butolo. Di antaranya adalah penghargaan Paritrana Awards dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari BPJS Kesehatan, dan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Meletakkan program pembangunan di atas kepentingan rakyat adalah salah satu prinsip kerja La Ode Butolo. Hal itu terlihat dari kebijakannya dalam upaya memenuhi pencapaian kepeserta BPJS Ketenagakerjaan, dengan mendaftarkan seluruh masyarakat Mubar ke BPJS Ketenagakerjaan sebagai pekerja rentan yang dibiayai melalui APBD Mubar.

Senilai Rp 2,7 miliar APBD Mubar diporsikan untuk membiayai BPJS Ketenagakerjaan tahun ini. Kendati mengeluarkan anggaran besar namun kebijakan ini sangat bermanfaat dan menyetuh langsung ke masyarakat. Kemudian dengan kebijakan tersebut menjadikan Mubar sebagai daerah pertama di Provinsi Sultra yang melakukan penjaminan BPJS Ketenagakerjaan pada seluruh warganya atau 100 persen universal coverage. Makanya Mubar diganjar Penghargaan Paritrana Award dari BPJS Ketenagakerjaan. Yaitu sebagai peringkat pertama dari 17 daerah Kabupaten/Kota se-Sultra atas keberhasilannya melaksanakan program jaminan sosial.

La Ode Butolo memang sangat peduli dalam memikirkan kesejahteraan masyarakatnya. Sukses mendaftarkan seluruh masyarakat Mubar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, ia juga memberi jaminan pelayanan kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat Mubar. Hal itu diimplementasikan dalam program BPJS Kesehatan. Yaitu seluruh masyarakat Mubar baik itu kategori kurang mampu maupun yang mampu didaftarkan menjadi peserta BPJS kesehatan. Kerja nyata tersebut mendapat ganjaran penghargaan.

]Universal Health Coverage (UHC) Award dari BPJS Kesehatan karena memberikan kepastian jaminan kesehatan 100 persen kepada seluruh masyarakat Mubar.

Pj Bupati Mubar La Ode Butolo (keempat dari kiri)
saat memantau pelaksanaan Pemilu 2024.

“Penghargaan Paritrana Award dari BPJS Ketenagakerjaan dan penghargaan UHC kategori utama dari BPJS Kesehatan yang kita terima adalah buah dari kerja bersama. Semua ini merupakan wujud komitmen Pemkab Mubar dalam melindungi masyarakatnya,” kata La Ode Butolo.

Tidak hanya itu, La Ode Butolo juga piawai dalam memanajemen pemanfaatan dan pengelolaan anggaran di Mubar. Hal itu terlihat dari raihan opini WTP yang didapatkan Pemkab Mubar atas kinerja baik dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2023. La Ode Butolo berhasil mempertahankan tradisi WTP Pemkab yang sudah didapatkan delapan kali berturut-turut yaitu sejak 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, 2022 dan 2023.

“Capai ini adalah hasil dari kerja bersama. Seluruh OPD telah melakukan penyusunan laporan pertanggung jawaban keuanga dengan baik. Saya berharap capain ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja,” tutup orang nomor satu di Mubar itu. (ahi/adv)

  • Bagikan