Siswa MAN IC Kendari Wakili Sultra Diajang OSN

  • Bagikan
Suasana pelepasan peserta OSN Asal MAN IC Kendari yang mewakili Sultra di OSN tingkat nasional, Jakarta. (Siti Sriwahyuni/Kendari Pos)
Suasana pelepasan peserta OSN Asal MAN IC Kendari yang mewakili Sultra di OSN tingkat nasional, Jakarta. (Siti Sriwahyuni/Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Tiga siswa MAN Insan Cendekia (IC) Kendari mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024. Kegiatan tersebut akan berlangsung tanggal 26 Agustus hingga 1 September 2024 di Jakarta.

Sebelumnya, tiga siswa MAN IC telah mengikuti seleksi ketat di tingkat provinsi yang akhirnya meloloskan Muhamad Rais Akbar Kaisan (kelas XII IPA) di bidang Matematika, Muhammad Adhitia Al”™Araf (kelas XII IPA) di bidang Biologi, dan Lasrif Talayansa (kelas XII IPA) di bidang Kimia ke OSN Tingkat Nasional 2024 yang akan berlangsung di Jakarta dari 26 Agustus hingga 1 September 2024. Mereka nantinya bersaing dengan siswa-siswa terbaik dari seluruh Indonesia.

Kepala MAN IC Kendari, Ismail Z. Betawi, S.Pd., menyampaikan harapan besar agar para siswa dapat mengukir prestasi gemilang. “Kami sangat optimis dan berharap besar bahwa siswa-siswa kami dapat mengulang kesuksesan yang pernah diraih pada tahun 2019, ketika seorang siswa kami memenangkan piala di bidang studi Kimia,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa para siswa telah dipersiapkan dengan matang dan dibimbing oleh tim guru terbaik. Guru pendamping yang akan menemani para siswa dalam ajang nasional ini adalah Adillah Fauziah M. (guru Biologi), Sandi Saputra (guru Kimia), La Ode Sugianto (guru Matematika), dan Binar (Wakil Kepala Madrasah Kesiswaan).

Sebelumnya, ketiga siswa ini juga telah berpartisipasi dalam Olimpiade Sains Tingkat Provinsi (OSNP). Dari hasil seleksi tersebut, 14 siswa MAN Insan Cendekia Kendari berhasil melaju ke OSNP. Di bidang Matematika, perwakilan dari sekolah adalah Anisa Mubarah Maren Saputri dan Muhamad Rais Akbar Kaisan. Di bidang Fisika, Fadhurahman Al Faqih menjadi wakil sekolah.

Dalam bidang Kimia, Nurhaliza Melindah, Muh. Afif Yus, dan Lasrif Talayansa berhasil maju ke tahap provinsi. Muh. Adhitia Al’Araf akan bersaing di bidang Biologi, sementara Muhammad Fachruddin, Annisa Nadhirah R., dan Fikri Algifari Simbala mewakili sekolah di bidang Geografi. Siswa-siswa lainnya yang berhasil lolos adalah Muh. Alfi Khatir di bidang Ekonomi, Irzal Amru Alqahtani dan Alif Itsar Prihartawan di bidang Informatika, serta Zahra Kirana yang akan bertanding di bidang Astronomi.

Dengan dukungan penuh dari Kakanwil Kemenag Sultra dan seluruh tenaga pendidik, MAN Insan Cendekia Kendari berharap dapat meraih prestasi yang lebih baik di OSN 2024. (m2/b)

  • Bagikan

Exit mobile version