Konsisten di Ranah Pengabdian

  • Bagikan
Suasana Pertemuan dengan Direktur PEIPD Ditjen Bina Bangda Kemendagri, JICA Jepang dan Bappeda Sultra. (IST)
Suasana Pertemuan dengan Direktur PEIPD Ditjen Bina Bangda Kemendagri, JICA Jepang dan Bappeda Sultra. (IST)

--Bekerja Tak Perlu Meminta Pamrih

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Untuk mencapai tujuan, setiap orang harus konsisten. Sebab hasil tak datang tiba-tiba namun butuh proses yang panjang. Begitulah prinsip yang ditanamkan J. Robert Maturbongs sejak belia. Jebolan Fakultas Teknik Universitas 45 Makassar ini tak pernah berfikir macam-macam. Baginya, tugas yang diberikan adalah amanah yang harus dituntaskan.

Bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah pilihan hidup. Kini, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mengabdikan diri kurang lebih 30 tahun. Selama bekerja, ia selalu menanamkan dalam diri untuk tetap amanah dan konsisten di ranah pengabdian. Dengan begitu, apa yang diperoleh bisa lebih baik.

“Selama saya bekerja di Bappeda kurang lebih 30 tahun, saya tidak pernah berpikir akan mendapatkan insentif. Saya adalah orang yang konsisten dengan pekerjaan. Jadi saya mau bekerja dan itu adalah pilihan. Saya berpikir ketika saya berhasil apa yang menjadi mimpi saya itu akan sendirinya terwujud,” ujarnya.

Seminar nasional Bappeda Sultra.

Sebagai nakhoda, dirinya harus menjadi mentor yang baik. Makanya, ia harus memberi contoh yang positif sehingga bisa membangkitkan semangat para stafnya. Aura positif yang terus ditebarkan akan memberikan dampak baik terhadap produk yang dihasilkan.

“Di sini kuncinya adalah konsisten terhadap apa yang sedang lakukan. Ketika sudah konsisten maka apapun itu pasti akan terwujud,” tandas Robert.

Setiap orang punya potensinya masing-masing, dan potensi tersebut harus dikembangkan. Apa yang dimiliki menjadi kelebihanmu untuk memimpin, untuk membantu sesama, untuk menginspirasi orang lain.

Orang nomor satu di Bappeda Sultra ini mengungkapkan, kunci sukses hingga bisa seperti sekarang tidak lepas dari konsisten yang dipegang dan selalu diajarkan oleh orang sekitarnya. Dimana konsistensinya hingga saat ini masih terus ia amalkan dan tanamkan di dalam dirinya. (c/win)

  • Bagikan