Strategi Jitu Pemimpin Visioner

  • Bagikan

--Angka Kemiskinan Turun, IPM Meningkat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Program unggulan Wakatobi Sentosa yang mencakup lima strategi program unggulan, yakni merdeka belajar, merdeka sehat, merdeka pangan, merdeka emas dan one island one school (Onions) sudah berjalan dengan baik.

Upaya Bupati Wakatobi, H Haliana meringankan beban masyarakatnya patut diacungi jempol. Dengan merealisasikan kelima program unggulan tersebut, sejatinya telah membantu warga Wakatobi baik di bidang pendidikan, kesehatan, hingga menyentuh para nelayan dan petani maupun pelakupelaku usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM).

Klaim tersebut bukan tanpa alasan. Pencapaian itu bisa diukur dari makro sosial ekonomi di daerah yang mengalami peningkatan berdasarkan hasil riset Badan Pusat Statistik (BPS) Wakatobi. Berdasarkan data BPS Wakatobi, angka penduduk miskin turun 0,45 persen dari 14,81 persen menjadi 14,36 persen

Bupati Wakatobi H Haliana SE bertandang ke kementerian. Ia berkunjung ke Kemenhub bertemu langsung dengan Menteri Perhubungan.

“ A n g k a kemiskinan eks t r i m turun 5 , 2 7 persen dari 5,94 persen menjadi 0,67 persen. Angka gini rasio turun 0,11 persen dari 0,35 persen menjadi 0,339 persen. Dan angka pengangguran terbuka turun 0,81 persen dari 3,54 menjadi 2,7 persen,” terang Haliana.

Sementara itu, indeks pembangunan manusia (IPM) naik 0,58 persen dari 70,85 persen menjadi 71,43 p e r s e n . T i n g k a t inflasi terjaga dan stabil di angka 2,48 persen dibawah rata-rata target nasional sebesar 3+1 persen dan pertumbuhan ekonomi naik 4,44 persen.

Namun, bukan berarti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi bisa berleha-leha dengan capaian ini. Kinerja yang baik dari semua kalangan lingkup pemerintahan masih sangat diperlukan. “Saya mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Wakatobi, dunia usaha dan pemerintah, agar tetap bersatu, gotong royong mewujudkan apa yang telah menjadi visi dan misi bersama,” harapnya. (b/thy)

  • Bagikan

Exit mobile version