Bentuk Layanan TPAD, Percepat Akses Keuangan

  • Bagikan
AKSES KEUANGAN : Bupati Konkep, H. Amrullah (kanan) menyalami TPAKD yang baru saja dibentuk Pemkab dalam upaya percepatan layanan akses keuangan daerah. (MUHAMMAD RAJIB HASLIM/KENDARI POS)
AKSES KEUANGAN : Bupati Konkep, H. Amrullah (kanan) menyalami TPAKD yang baru saja dibentuk Pemkab dalam upaya percepatan layanan akses keuangan daerah. (MUHAMMAD RAJIB HASLIM/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Akses masyarakat untuk mendapatkan dan memeroleh layanan keuangan, wajib dipenuhi. Untuk menjamin tersedianya layanan tersebut, maka pemerintah harus memenuhinya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) kemudian membentuk dan mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Bupati Konkep, H. Amrullah yang sekaligus menjadi Ketua TPAKD, menegaskan, saat ini akses keuangan telah menjadi isu global dan salah satu kerangka pembangunan ekonomi nasional serta ikut menurunkan angka kemiskinan.

“Akses yang lebih luas terhadap layanan keuangan adalah hal penting dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perekonomian. Sehingga untuk mendukung upaya perluasan akses keuangan tersebut dibentuk TPAKD. Ini menjadi salah satu ikhtiar Pemkab guna menurunkan angka kemiskinan,” ujar Amrullah, kemarin.

Konkep-1 tersebut menjelaskan, TPAKD bertujuan memercepat akses keuangan di daerah sehingga dapat mendukung pergerakan ekonomi regional.

“Kehadiran TPAKD ini akan memberi warna tersendiri dalam upaya mendorong dan menyinergikan program perluasan akses keuangan dengan seluruh pemangku kepentingan terkait di daerah. Diharapkan dapat memberikan outcome bagi masyarakat dan mendukung pencapaian visi dan misi pemerintah, terutama dalam pengembangan potensi unggulan serta sektor pembangunan prioritas di daerah,” ungkapnya.

Amrullah menambahkan, berbagai program TPAKD telah digagas dan disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan ekonomi daerah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pelaksanaan business matching, upaya fasilitasi TPAKD untuk memertemukan kebutuhan masyarakat dengan produk keuangan, baik kredit atau pembiayaan, asuransi, tabungan, maupun investasi, bersama industri jasa keuangan. Implementasi program simpanan pelajar (Simpel), one student one account dan lainnya.

“Kami berharap kehadiran TPAKD Konkep ini memberikan masukan dan kontribusi bagi seluruh pemangku kepentingan di daerah, mulai dari pemerintah, regulator keuangan, industri serta instansi terkait lainnya dalam menggali terobosan memerluas akses untuk mendukung kegiatan ekonomi yang lebih produktif dan merata,” harapnya.

Di tempat sama, Kabag Ekonomi dan SDA Konkep, Chairullah, mengatakan, TPAKD menjadi bukti komitmen Pemkab dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kami berharap, dapat berdampak positif bagi perubahan dan memberikan tambahan literasi tentang mekanisme percepatan akses keuangan. Sehingga akses keuangan formal yang ada bisa dinikmati masyarakat, pelaku usaha, maupun UMKM dalam rangka mendorong perekonomian daerah dan mewujudkan keluarga sejahtera,” pungkas Sekretaris TPAKD Konkep tersebut. (b/jib)

  • Bagikan