UHO Finalisasi Dokumen Akreditasi Internasional

  • Bagikan
Suasana finalisasi dokumen akreditasi internasional UHO
Suasana finalisasi dokumen akreditasi internasional UHO

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Halu Oleo (UHO) memfasilitasi finalisasi revisi dokumen akreditasi Akkreditierungsagentur fur Studiengange der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN) klaster A pada 13 Agustus 2024 lalu.

Kepala Pusat Pemeringkatan Perguruan Tinggi dan Peningkatan Akreditasi UHO, Dr. Weka Gusmiarty Abdullah, S.P., M.P., CRA mengatakan pertemuan ini untuk memeriksa kembali pemenuhan kelengkapan dokumen yang diminta oleh ASIIN. Adapun aspek yang diminta yakni lampiran dokumen, hasil pembelajaran yang diharapkan, struktur kursus dan buku pegangan atau modul pada saat pembelajaran. Dari empat aspek yang saat ini sedang dipersiapkan, dua di antaranya telah rampung. Sisanya hanya membutuhkan sedikit perbaikan untuk merangkum dan melengkapi dokumen Rencana Pembelajaran Semester (RPS),ungkapnya.

Ia menjelaskan, klaster A yang kali ini mengajukan akreditasi Internasional merupakan Klaster Ilmu Pertanian yang terdiri dari lima Program Studi (Prodi): Prodi Agribisnis dan Program Studi Agroteknologi (Fakultas Pertanian); Prodi Budidaya Perairan dan Prodi Ilmu Kelautan (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan); serta Prodi Peternakan (Fakultas Peternakan). Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah penyelesaian dokumen yang diminta oleh ASIIN,†jelasnya.

UHO menargetkan sebelum 17 Agustus 2024 ini, dokumennya telah dikirim. Biasanya, paling lama seminggu setelah itu, kita akan mendapat respons dari ASIIN. Dalam tanggapan tersebutlah akan dijadwalkan waktu visitasi, belajar dari pengalaman sebelumnya, visitasi dilakukan dua atau tiga bulan setelah respons diterima oleh UHO,katanya.

Ia menerangkan, jadwal visitasi biasanya berjarak sekitar 2 bulan sejak keputusan layak visitasi oleh ASIIN. Oleh karenanya saat ini kelima Prodi tersebut telah mulai untuk pembenahan Sarana dan Prasarana (Sarpras) untuk menghadapi visitasi. mua sarana dan prasarana sementara dipersiapkan di masing-masing fakultas atau prodi, terangnya.

Ia menambahkan, ASIIN merupak a n lembaga akreditasi internasional berkedudukan di Jerman untuk disiplin Ilmu Rekayasa, Matematika dan Sains, Pertanian, dan Biologi. Sebelumnya ASIIN telah melakukan visitasi Klaster B yang terdiri dari dua prodi UHO, yakni: Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan Biologi pada Juni 2024 lalu,ambahnya . (win/b).

  • Bagikan