Fakultas Teknik UHO Berbagi Ilmu

  • Bagikan
Rektorat Universitas Halu Oleo. (Humas UHO)
Rektorat Universitas Halu Oleo. (Humas UHO)

-- Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Deep Learning

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (FT UHO) memanfaatkan masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan berbagi ilmu. Mereka menyosialisasikan pemanfaatan teknologi deep learning di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kendari, baru-baru ini.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Terintegrasi KKN Tematik Fakultas Teknik UHO dipimpin Wakil Dekan Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Laode Muhammad Golok Jaya, ST.,MT.

Dosen Teknik Informatika Fakultas Teknik UHO, Rizal Adi Saputra, ST, M.Kom mengatakan teknologi deep learning digunakan untuk pemetaan kerusakan jalan secara cepat.

Rizal menjelaskan deep learning adalah metode dalam kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang mengajarkan komputer untuk memproses data dengan cara yang terinspirasi otak manusia.

“Model deep learning dapat mengenali pola kompleks dalam gambar, teks, suara, dan data lain untuk menghasilkan wawasan dan prediksi yang akurat,” ujar Rizal yang juga anggota tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Terintegrasi KKN Tematik, kemarin.

Rizal menjelaskan, beberapa uji coba telah dilakukan dan akurasinya mencapai lebih dari 90 persen dan hal tersebut sudah sangat bagus.

“Tema kegiatan ini adalah bimbingan teknis pemetaan kerusakan jalan aspal dengan metode deep learning berbasis data penginderaan jauh untuk di Dinas PUPR Kendari,” jelasnya.

Ia berharap sosialisasi metode deep learning dapat bermanfaat bagi pegawai Dinas PUPR Kota Kendari. Rizal menjelaskan, KKN Tematik berlangsung sampai akhir Agustus 2024. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi, bimbingan teknis, survei lapangan dan pemetaan tingkat kerusakan jalan dengan metode deep learning.

Kegiatan ini nantinya memiliki luaran berupa peta tingkat kerusakan jalan pada jaringan jalan kota Kendari dan diharapkan memiliki outcome berupa peningkatan kemampuan teknis aparatur pemerintah dalam penanganan jalan rusak di Kota Kendari,” tutur Rizal.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Kendari, Abdul Malik, ST, MM mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kami berharap kegiatan ini bermanfaat dalam menunjang tupoksi Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Kendari sebagai pelaksana teknis pengelolaan jaringan jalan,” ujarnya. (win/b)

  • Bagikan