Siswa MAN 1 Kendari Wakili Sultra di KSM Nasional

  • Bagikan
Haifa Nurul Izzah (IST)
Haifa Nurul Izzah (IST)

--Haifa Nurul Izzah Raih Juara 1 KSM Tingkat Provinsi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari, Haifa Nurul Izzah mewakili Provinsi Sultra dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional yang akan digelar di Provinsi Maluku Utara pada September 2024.

Prestasi yang diraih Haifa tidaklah instan. Ia melewati seleksi dan kompetisi ketat sejak pada ajang KSM Kota Kendari dan meraih gelar juara 1. Haifa lalu mewakili Kota Kendari dan bertarung pada ajang KSM tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Haifa kembali menggondol gelar juara 1 bidang geografi jenjang Madrasah Aliyah (MA). Praktis, Haifa mewakili Provinsi Sultra pada KSM tingkat nasional.

Rupanya, bukan hanya Haifa yang mengharumkan nama MAN 1 Kendari. Meski tak sampai pada level nasional. Mereka adalah Haikal Musaffar Misbah dan Muhammad Abdillah Surya. Dalam KSM tingkat Kota Kendari, Haikal Musaffar Misbah meraih gelar juara 1 bidang Ekonomi Terintegrasi dan pada KSM tingkat Provinsi Sultra, ia meraih gelar juara 2.

Begitu pula Muhammad Abdillah Surya. Pada KSM tingkat Kota Kendari, ia meraih juara 2 dan meraih juara 3 pada tingkat Provinsi Sultra untuk bidang Kimia Terintegrasi.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo mengaku bangga akan pencapaian prestasi ketiga siswanya pada ajang KSM. Ia juga mengapresiasi pencapaian Haifa Nurul Izzah yang telah lolos ke tingkat nasional.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah bekerja keras sehingga dapat mengikutsertakan dan berhasil meloloskan siswa kami hingga tingkat nasional pada ajang bergengsi ini,” ujar La Tangkalalo kepada Kendari Pos, Senin (12/8/2024).

Ia menegaskan tidak mudah untuk bisa mengikuti dan meloloskan siswa pada ajang KSM ini. “Mereka bukan hanya menguasai bidangnya saja, tetapi juga mereka harus memiliki kompetensi bahasa Arab termasuk pemahaman tentang pendidikan Agama Islam. Keduanya terintegrasi dalam soal-soal yang disajikan,” terangnya.

La Tangkalalo menambahkan MAN 1 Kendari terus berbenah, melangitkan harapan-harapan siswa, orangtua, masyarakat, pemerintah, dan pihak-pihak yang telah menaruh kepercayaan kepada MAN 1 Kendari. (win/b)

  • Bagikan