Pengurus Wilayah IKA Unhas Kepri Resmi Dilantik, Ini Pesan Amran Sulaiman

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID-Pengurus Wilayah Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Kepulauan Riau resmi dilantik, Sabtu (10/8/2024). Pelantikan berlangsung hikmat dan sukses. Disaksikan ratusan alumni dan undangan di ruang Balairung Sari, Gedung BP Batam, Batam Centre.

Ketua Pengurus Pusat (PP) IKA Unhas, Andi Amran Sulaeman tak hadir langsung di lokasi pelantikan. Berhubung banyaknya kesibukan selaku anggota kabinet. Kendati demikian, dia tetap hadir secara virtual (live streaming) dari Kantor Menteri Pertanian di Jakarta.

Sebagai gantinya, Pengurus Wilayah IKA Kepri dilantik oleh Prof. Dr. Yusran Yusuf selaku Sekjen Pengurus Pusat Ika Unhas.

PESAN AMRAN SULAIMAN

Saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara pelantikan, Amran Sulaiman terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf. Sebab, tidak dapat menghadiri langsung pelantikan. Walau begitu, Amran berjanji, dalam kesempatan lain, akan mengunjungi Ika Unhas Kepri, baik selaku Ketua Pengurus Pusat IKA atau dalam tugas dinas selaku Menteri Pertanian.

"Tapi saya mempersilahkan Ketua IKA Kepri dan jajarannya, untuk setiap saat dapat mengunjungi saya di Kantor Menteri, walaupun tidak ada janjian terlebih dahulu," ungkap Amran Sulaiman dalam keterangan tertulis yang diterima Kendarilos.co.id, Minggu (11/8/2024).

Selaku Ketua Pengurus Pusat IKA, Andi Amran Sulaiman memberikan beberapa pesan penting kepada Pengurus Wilayah Ika Kepri yang baru dilantik. Dia meminta supaya pengurus Ika melakukan kegiatan yang bisa bermanfaat untuk negeri.

"Saya minta jajaran pengurus, agar mewariskan legacy untuk negara, di manapun berkiprah. Kita berharap, negara kita menjadi maju pada tahun 2045 mendatang," optimisnya.

KOMITMEN KETUA IKA KEPRI

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah IKA Kepri, Dr dr. Ibrahim dalam pidato pelantikannya, komitmen melaksanakan program yang bersifat pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, Kepulauan Riau, dengan segala potensi dan tantangannya, membutuhkan SDM unggul, berdaya saing, dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan.

“IKA Unhas Kepri dapat berperan aktif dalam menginisiasi berbagai kegiatan yang fokus pada pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan ekonomi. Dengan demikian, kita tidak hanya memperkuat jaringan antaralumni, tetapi juga berperan dalam mencetak generasi yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional," jelasnya.

Mantan Ketua IDI Kepri ini, mengulangi janjinya yang senantiasa disampaikan dalam pembicaraan pertemuan alumni Unhas. “IKA Unhas Kepri akan sangat fokus pada kontribusi untuk memajukan industri maritim, khususnya di bidang perkapalan. Sebab, industri perkapalan di Batam, Kepri adalah salah satu pemasok utama kebutuhan nasional," terangnya.

PEMKOT BATAM APRESIASI IKA UNHAS

Pemerintah Kota Batam melalui Raja Asman Syah, Ketua Bappeda Kota Batam yang mewakili Walikota Batam ex officio Ketua BP Batam, menyambut penuh antusias kehadiran IKA Unhas di Kepri.

“Kita bersinergi, berkolaborasi memajukan Kepri, khususnya Batam. Sebab, Batam membutuhkan sumber daya manusia handal dari alumni Unhas. Batam tidak memiliki sumber daya alam. Keunggulan Batam hanya pada letaknya yang strategis di salah satu selat teramai dunia,” ucapnya.

HARAPAN ALUMNI

Andi Wahyudin Jalil, tokoh mahasiswa Unhas era periode akhir rezim Orde Baru, kini alumni yang banyak berkiprah di Kepri berharap, pelantikan pengurus ini, menjadi cambuk untuk membuktikan kehandalan alumni Unhas, dalam berkontribusi pada masyarakat dan negara, khususnya di Kepri.

”Sebab keberadaan pengurus alumni, akan berperan dan fokus pada program yang lebih terkoordinasi, sinergi dan kolaboratif dengan semua elemen masyarakat. Hal ini demi kemaslahatan masyarakat yang lebih bermanfaat,” harapnya.

Imbauan untuk alumni kreatif dan handal juga disampaikan Andi Akmar selaku Direktur Alumni Unhas mewakili rektor.
(KP)

  • Bagikan