Kembangkan Produk Unggulan, Tingkatkan PAD

  • Bagikan
MAKSIMALKAN POTENSI Pj Wali Kota Baubau, Dr. H. Muh. Rasman Manafi (depan) dalam seminar akhir kajian potensi produk unggulan daerah dan strategi pengembangannya dalam peningkatan PAD.(DISKOMINFO KOTA BAUBAU FOR KENDARI POS0
MAKSIMALKAN POTENSI Pj Wali Kota Baubau, Dr. H. Muh. Rasman Manafi (depan) dalam seminar akhir kajian potensi produk unggulan daerah dan strategi pengembangannya dalam peningkatan PAD.(DISKOMINFO KOTA BAUBAU FOR KENDARI POS0

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kajian potensi produk un- ggulan daerah dan strategi pengembangannya diulas Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dalam upaya pen- Ingkatan pendapatan asli daerah (PAD). PJ W Kota Baubau, Dr. H. Muh. Rasman Manafi, berharap, semi- nar akhir tersebut dapat menjadi diskusi konstruktif dan pertukaran ide yang menghasilkan rekomendasi serta langkah konkret dalam memaksimalkan potensi produk unggulan daerah

"Semua mengarah pada pengembangan komoditas perikanan seperti rumput laut, mutiara dan produk ikan beku, hingga produk turunannya," jelas Rasman Manafi, kemarin.

la menegaskan, pengem- bangan produk unggulan daerah menjadi tugas mere- ka dalam kerangka pem- bangunan nasional, sesuai undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemer- intah Daerah yang memiliki peranan, fungsi dan tugas yang dominan, terutama untuk pengembangan ekonomi lokal.

"Di samping itu. pengembangan produk unggulan daerah juga memiliki dampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat Dengan mengoptimalkan potensi lokal, dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta me- merkuat identitas dan ke banggaan lokal," sambung Baubau-1 tersebut.

Diakuinya, dampak ekonomi yang dihasil- kan dari pengembangan PAD tidak hanya dira- sakan pelaku usaha atau produsen, tetapi juga oleh seluruh komunitas lokal yang terlibat dalam rantai nilai produk. Hal tersebut berdampak pada peningka- tan daya beli masyarakat, penurunan tingkat pen- gangguran, serta pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Perumusan kebijakan dan strategis yang tepat dalam mengembangkan potensi unggulan daerah dapat meningkatkan PAD dengan konsep kriteria serta metode penentuan sektor ungguian. Ini sangat penting, mengingat posisi Kota Baubau berada di tengah kepulauan yang berperan strategis sebagai interkoneksi aksebilitas kawasan timur dan barat Indonesia. (c/lyn)

  • Bagikan