IAIN Rekrut Camaba Jalur RPL

  • Bagikan
Kampus IAIN Kendari segera membuka pendaftaran calon mahasiswa baru (Camaba) tahun 2024 melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).(IST)
Kampus IAIN Kendari segera membuka pendaftaran calon mahasiswa baru (Camaba) tahun 2024 melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).(IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari akan merekrut calon mahasiswa baru (Camaba) tahun 2024 melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Penerimaan camaba jalur RPL ini secara online yang dimulai pada Agustus 2024 ini. Perekrutan camaba jalur RPL ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan tinggi bagi masyarakat Sultra.

Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr.Jumarddin La Fua, M.Si mengatakan IAIN Kendari membuka pendaftaran camaba untuk 16 program studi (Prodi) yang memenuhi kelayakan menerima mahasiswa jalur RPL.

Dr.Jumarddin La Fua menjelaskan pembukaan jalur RPL memungkinkan calon mahasiswa baru untuk memilih prodi yang relevan dengan latar belakang pengalaman mereka, tanpa harus memulai kuliah dari awal sebagaimana yang dijalani mahasiswa baru lainnya.

“Tujuan dari pelaksanaan RPL adalah untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan tinggi, mengakui pengalaman belajar yang tidak diperoleh secara formal, serta mendorong pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja saat ini,” kata Dr.Jumarddin La Fua, kemarin.

Ia menjelaskan, jalur RPL di IAIN Kendari berbeda dari jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya dalam beberapa aspek. Jalur RPL ditujukan bagi calon mahasiswa yang sudah memiliki pengalaman belajar atau kerja yang relevan, sehingga mereka dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan kredit akademik atau pengakuan atas pengalaman tersebut.

“Sebaliknya, jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya, seperti jalur reguler, umumnya memerlukan calon mahasiswa untuk mengikuti ujian seleksi atau tes masuk serta memenuhi syarat akademik dari awal. RPL lebih fokus pada pengakuan pengalaman sebelumnya, sementara jalur reguler lebih menitikberatkan pada prestasi akademik dan hasil ujian,” jelas Dr.Jumarddin La Fua.

Ia berharap camaba jalur RPL akan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk melanjutkan pendidikan dengan lebih efisien.

Para calon mahasiswa dapat menunjukkan komitmen dan kesiapan mereka untuk belajar serta berkontribusi positif dalam lingkungan akademik.

“Dengan mengikuti jalur RPL, diharapkan calon mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengakuan atas pengalaman mereka tetapi juga meraih sukses dalam studi mereka di IAIN Kendari,” tutur Dr.Jumarddin La Fua.

Untuk diketahui, 16 prodi yang memenuhi kelayakan menerima mahasiswa jalur RPL yakni Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Selain itu Prodi Tadris Biologi, Tadris Fisika, Tadris Matematika, Ekonomi Syariah, dan Prodi Perbankan Syariah. Termasuk Prodi Hukum Keluarga Islam, Hukum Tata Negara, Hukum Ekonomi Syariah, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, serta Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir. (rls/win/b)

  • Bagikan

Exit mobile version