Respon Cepat Aduan Melalui Command Center

  • Bagikan
PELAYANAN PENGADUAN : Suasana pembukaan pelatihan Admin dan Satuan Tugas Command Center oleh Sekab Konsel, Hj. St. Chadidjah, dampingi Kepala Dinas Damkar-Mat, Hasran Parenda (kanan).(I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)
PELAYANAN PENGADUAN : Suasana pembukaan pelatihan Admin dan Satuan Tugas Command Center oleh Sekab Konsel, Hj. St. Chadidjah, dampingi Kepala Dinas Damkar-Mat, Hasran Parenda (kanan).(I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar-Mat) menggelar pelatihan Admin dan Satuan Tugas Command Center. Langkah tersebut untuk guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam pelayanan kebencanaan di daerah tersebut.

Pelatihan itu menghadirkan dua pemateri dari Dinas Kominfo dan Persandian Konsel dan dibuka Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konsel, Hj. St. Chadidjah. 79 pegawai Dinas Damkar-Mat dilibatkan dan dilatih menguasai pengoperasian serta koordinasi pengendalian Pusat Komando tersebut.

“Di era sekarang ini, kecepatan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat sangat penting,” tegas St. Chadidjah, kemarin.

Ia mengatakan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Konsel mempunyai peran penting dalam kebencanaan kebakaran dan nonkebakaran. Olehnya dituntut menerapkan sistem respon cepat terhadap segala bentuk pengaduan serta tindak lanjut penanganan.

“Respon cepat ini menjadi salah satu agenda Pemkab Konsel. Saat ini telah dibuktikan pihak Dinas Damkar melalui sebuah inovasi menciptakan terobosan untuk menjawab respon cepat dalam pelayanan dan penanganan,” ujar mantan Kepala BKPSDM itu.

Dengan adanya Command Center, seluruh fasilitasnya harus dikuasai, terutama pengoperasian dan koordinasi pengendalian.

Kepala Dinas DamkarMat Konsel, Hasran Parenda, mengatakan, pihaknya tertantang untuk melaksanakan dan mencapai pelayanan terintegrasi cepat serta akurat melalui respon time.

“Akan tetapi dengan adanya kesempatan yang diberikan kepada kami mengikuti pelatihan kepemimpinan nasional PKN di LAN Jatinangor, telah terjawab kebutuhan respon cepat itu. Kami sebagai birokrasi harus dan wajib membuat inovasi dasar tersebut,” jelasnya.

Itulah yang mendasari terciptanya Command Center, direncanakan dari rancangan sampai pada implementasi.

“Ikhtiar ini tidak terlepas dari bimbingan ibu Sekretaris Kabupaten sebagai mentor kami dan tentunya bapak Bupati (H. Surunuddin Dangga) dalam mendukung proyek perubahan kami yang beberapa saat lagi akan dilaunching,” tandas Hasran Parenda. (c/ndi)

  • Bagikan