Calon Paskibra Dibekali Pemahaman Pancasila

  • Bagikan
PEMBEKALAN CALON PASKIBRA : Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala saat memberikan pemahaman terkait Pancasila kepada Calon Paskibraka Kota Kendari, kemarin. (AGUS SETIAWAN/KENDARI POS)
PEMBEKALAN CALON PASKIBRA : Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala saat memberikan pemahaman terkait Pancasila kepada Calon Paskibraka Kota Kendari, kemarin. (AGUS SETIAWAN/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Di tengah dinamika perkembangan zaman dan tantangan global saat ini, Pancasila tetap menjadi pedoman utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala saat memaparkan materi Pancasila pada kegiatan pemusatan pendidikan dan pelatihan peserta calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Kendari disalah satu hotel, kemarin.

Dalam pemaparannya, Sekda menegaskan pentingnya Pancasila sebagai dasar pedoman dan sumber hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pancasila bukan hanya sebagai dasar negara, tetapi juga sebagai pedoman yang merangkum nilai-nilai perjuangan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sekda Kota Kendari juga menekankan peran Pancasila dalam kehidupan generasi muda. Menurutnya, Pancasila harus terus dipertahankan dan tidak boleh pudar.

“Pancasila itu merupakan tanggung jawab kita semua, dan kita harus menjaga agar nilai-nilainya tetap hidup dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Mantan Kepala Bappeda Kota Kendari ini, mengingatkan para peserta untuk menyebarkan pemahaman tentang Pancasila kepada teman, sahabat, dan keluarga.

“Penting bagi generasi muda untuk mengajak orang lain memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ridwansyah.

Dengan adanya pembekalan ini, ia berharap calon Paskibraka akan lebih siap menghadapi tugas mereka, baik dalam pengibaran bendera maupun dalam menjalani kehidupan seharihari sebagai warga negara yang bertanggung jawab. (b/ags)

  • Bagikan