Pemprov Tunggu Petunjuk Mendagri

  • Bagikan
Muliadi
Muliadi

--Terkait Pj Bupati Konawe

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe sampai sekarang belum ada. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menegaskan, masih menunggu petunjuk dan arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal itu disampaikan Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sultra, Muliadi. Menurutnya, sampai saat ini belum ada informasi terkait posisi Pj Bupati Konawe.

“Belum ada informasi dari Kemendagri. Saat ini kami masih stay menunggu panggilan,” ujar Muliadi kepada Kendari Pos, Selasa (6/8/2024).

Termasuk soal kandidat (calon Pj Bupati) yang akan masuk Konawe, Muliadi belum mengetahuinya. Sebab, semua ini menjadi ranah Kemendagri. “Prinsipnya kami menunggu petunjuk dari Kemendagri,” ulangnya menegaskan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba resmi melepas statusnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), terhitung Kamis (1/8/2024). Dia memilih pensiun.

Secara otomatis, kedudukannya sebagai Penjabat (Pj) Bupati Konawe berakhir. Termasuk, posisinya sebagai Kepala Badan Kesbangpol Sultra juga selesai.

Dalam situasi ini, menghindari kekosongan kepemimpinan, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan diangkat sebagai pemimpin sementara Kabupaten Konawe alias menjabat Pelaksana Harian (Plh) Bupati Konawe. Posisinya akan berakhir secara otomatis, jika sudah ada penjabat (pj) baru atau bupati definitif.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sultra, Muliadi mengaku pihaknya sedang menunggu surat keputusan dari Kemendagri. “Untuk penggantinya siapa, itu nanti berdasarkan SK Kemendagri. Kita tunggu saja,” ujarnya.

Dia menekankan, calon pengganti Harmin Ramba masih dalam proses dan hal ini sepenuhnya merupakan wewenang Kemendagri.

“Pemprov Sultra telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan, untuk memastikan, tidak ada kekosongan kepemimpinan di Konawe. Sehingga, meski jabatan Pj bupati berakhir, roda pemerintahan di Konawe tetap berjalan baik, tanpa hambatan berarti,” jelasnya.

Senada disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio. Menurutnya, penentuan Pj Bupati pengganti Harmin Ramba domain Kemendagri.

“Keputusan akhir Pj Bupati Konawe yang baru, ada pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” imbuhnya. (b/rah/adi/ ing)

  • Bagikan

Exit mobile version