Ekonomi Sultra Tetap Tumbuh

  • Bagikan
ILUSTRASI: FAHRI ASMIN/KP
ILUSTRASI: FAHRI ASMIN/KP

--Triwulan II 2024 Meningkat 5,54 Persen Dibanding Tahun Lalu

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Ekonomi Sulawesi Tenggara (Sultra) masih tetap tumbuh. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat, pertumbuhan ekonomi Sultra pada triwulan II 2024 (April- Juni), mengalami peningkatan sebesar 5,54 persen dibanding triwulan II 2023. ,

Bahkan, jika dibandingkan triwulan 1 2024 (Januari-Maret), pertumbuhan ekonomi Sultra pada triwulan II 2024 tetap naik sebesar 2,94 persen (q-to-q). Data ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPS Provinsi Sultra, Surianti Toar.

“Perekonomian Sultra menunjukkan perkembangan yang positif,” ujar Surianti Toar dalam jumpa pers di Aula Kantor BPS Sultra, Senin (5/8/2024).

Surianti menjelaskan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sultra atas dasar harga berlaku pada triwulan II-2024, mencapai Rp 46,22 triliun. Sedangkan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 27,77 triliun. “Angka-angka ini mencerminkan, pertumbuhan ekonomi yang stabil di Sultra,” jelasnya.

Lebih jauh Surianti Toar menjelaskan, dari sisi produksi, pertumbuhan ekonomi tertinggi berada pada sektor lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan, dan jaminan sosial wajib yang mengalami peningkatan sebesar 15,95 persen.

Sementara itu, dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi terjadi pada komponen pengeluaran konsumsi pemerintah, yang meningkat sebesar 25,48 persen.

“Dari sisi produksi, lapangan usaha industri pengolahan mencatat pertumbuhan tertinggi sebesar 19,88 persen. Sedangkan dari sisi pengeluaran, komponen ekspor barang dan jasa mengalami peningkatan signifikan sebesar 32,20 persen,” bebernya.

Lebih lanjut, ekonomi Sultra pada semester I 2024 dibandingkan semester I 2023 mencatat pertumbuhan sebesar 5,66 persen (c-to-c). “Dari sisi produksi, lapangan usaha industri pengolahan kembali menunjukkan pertumbuhan tertinggi sebesar 20,82 persen. Dari sisi pengeluaran, komponen ekspor barang dan jasa mengalami peningkatan tertinggi sebesar 22,27 persen,” terangnya.

Dari sisi produksi, sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan memberikan kontribusi paling dominan terhadap PDRB Sultra, dengan angka mencapai 24,15 persen. Hal ini menunjukkan, pentingnya sektor-sektor ini dalam perekonomian daerah.

Sementara itu, dari sisi pengeluaran, komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga menjadi yang paling dominan dengan kontribusi sebesar 47,97 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Sultra pada triwulan II 2024 menunjukkan tren positif. Diharapkan dapat terus berlanjut. Dengan kontribusi sektor-sektor utama yang kuat, serta pertumbuhan signifikan dalam komponen pengeluaran dan produksi tertentu, perekonomian Sultra berpotensi untuk terus berkembang,” optimisnya.

Dia menyampaikan optimisme terhadap perkembangan ekonomi. “Kami berharap tren pertumbuhan ini, dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tenggara,” harapnya.

TRIWULAN 1 TUMBUH 5,65 PERSEN

  • Bagikan