Digitalisasi Pelayanan, Pelindo Regional 4 Kendari Gelar Soft Launching CTT

  • Bagikan

-Serahkan Rompi kepada Buruh Bagasi Terminal Nusantara

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID-PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Kendari menggelar soft launching pengoperasian Centralized Ticketing Terminal (CTT) pada Terminal Penumpang Nusantara, Senin (5/8/2024). Kegiatan ini merupakan, bagian dari transformasi digitalisasi pelayanan. Nantinya, tiket penumpang sudah termasuk pas penumpang, dibeli secara online (cashless) melalui platform easybook.com.

General Manager Pelindo Regional 4 Kendari, Capt Suparman menjelaskan, dalam pengoperasian CTT ini, calon penumpang yang telah memiliki tiket, hanya melakukan scan barcode pada barrier gate penumpang atau gerbang masuk otomatis, yang telah dilakukan sosialisasi sejak awal Juni sampai Juli 2024.

“Kami bersyukur, dapat melakukan soft launching CTT. Tentunya ini, berkat dukungan berbagai pihak, khususnya Kepala KSOP Kelas II Kendari, Capt. Rahman, yang sangat konsen terhadap perbaikan pelayanan penumpang di Pelabuhan Kendari,” ungkap Capt Suparman dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/8/2024).

Dia menjelaskan, pengoperasian gerbang masuk otomatis ini, tentunya dapat memberi kenyamanan kepada penumpang. Selain itu, kata Suparman, pihaknya juga telah melakukan penambahan fasilitas lainnya, seperti AC standing sebanyak 4 unit, 1 unit televisi, dispenser, charger station.

Serta penambahan kursi dan wifi yang didukung oleh PT Pelayaran Dharma Indah dan PT Easybook. Program ini juga, mendukung terwujudnya pelabuhan yang bersih dari pungutan liar (pungli).

“Kami juga memberikan rompi kepada buruh bagasi yang bertugas di Terminal Penumpang Nusantara sebanyak 92 buah. Ini penting, agar penumpang dapat menggunakan buruh bagasi yang telah diverifikasi dan memiliki tanda pengenal,” jelas Suparman.

Kepala KSOP Kelas II Kendari, Capt. Rahman mengatakan, sebelum bertugas di Kendari, dirinya telah melihat beberapa foto kegiatan pelayanan, termasuk overload pada kapal saat pelayanan angkutan lebaran.

“Maka, saat diberi amanah bertugas di Kendari, saya segera melakukan pembahasan kepada seluruh stakeholder terkait, untuk dilakukan pembenahan. Termasuk proses digitalisasi ini pada Terminal Penumpang Nusantara. Semoga ke depannya, kita dapat melakukan perubahan lagi pada pelayanan penumpang di terminal lainnya," harapnya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, Imran Husain menambahkan, ini merupakan langkah nyata Pelindo untuk melakukan perubahan perbaikan pelayanan di bidang Perhubungan Laut. Tentunya ini untuk memberi kenyamanan dan keselamatan penumpang yang tiap hari rutin melayani rute pelayanan kapal dari Kendari ke Raha atau Baubau dan sebaliknya. “Semoga menjadi berkah untuk kita semua,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TKBM Karya Bahari La Ode Alimin mengaku sangat bersyukur atas bantuan kelengkapan kerja yang diberikan Pelindo kepada anggotanya. "Semoga ke depannya Pelindo senantiasa memberi perhatian kepada kami,” harapnya.

Kapolsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Kendari, Iptu Laode Hasmil Hamzah mengaku sangat mendukung program yang dilaksanakan Pelindo, demi kemajuan dan kenyamanan penumpang yang berkegiatan di Terminal Penumpang Nusantara.

Tentang Pelindo
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo, mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia.

Pelindo menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo berperan dalam menggerakkan perekonomian serta mendorong pertumbuhan ekonomi Nasional.
(KP)

  • Bagikan

Exit mobile version