Ketua DPRD Sultra di Tangan Surya Paloh

  • Bagikan

Partai NasDem berhasil meraih posisi puncak dalam Pemilu Legislatif 2024. NasDem berhasil “menggulingkan” PAN dari posisi Ketua DPRD Sultra. Dalam Pileg kali ini, PAN hanya bisa mendapatkan 3 kursi.

Sebenarnya, NasDem tidak sendiri dalam memperoleh 6 kursi DPRD Sultra. Ada dua partai lain yang juga meraih jumlah kursi yang sama, yakni PDIP dan Golkar. Hanya saja, keduanya kalah jumlah suara.

Partai NasDem menjadi jawara dengan raihan 179.518 suara. Terbanyak kedua, PDIP dengan akumulasi perolehan suara 177.425 atau terpaut 2.093 suara dari NasDem. Sementara Golkar meraup 160.060 suara.

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 2 tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17 Tahun 2021 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), bahwa kursi Ketua DPR diberikan kepada partai politik dengan raihan suara terbanyak.

Sementara, 3 wakil pimpinan DPRD menjadi jatah parpol pemenang pemilu sesuai dengan urutan. Berdasarkan regulasi tersebut, NasDem sebagai pemilik suara tertinggi berhak menduduki kursi Ketua DPRD Sultra.

Sebelumnya, Pengamat Politik Sultra, Dr.Muh Najib Husain, S.Sos., M.Si mengatakan, keberhasilan NasDem, tidak terlepas dari kerja politik para kader di setiap daerah yang ditunjang kinerja Ali Mazi saat menjadi Gubernur Sultra. Kekompakan internal NasDem juga menjadi episentrum kekuatan saat bergerak di tengah masyarakat.

“Parpol NasDem dibawah kepemimpinan Ali Mazi cukup solid. Tidak hanya tingkatan DPW, namun pada level ranting, sangat terlihat kolaborasi dan sinergi yang konsisten,” ungkap Dr.Muh Najib Husain.

Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari ini menjelaskan, pengaruh para caleg yang ikut bertarung juga menjadi pembeda NasDem dengan parpol lainnya. Keterwakilan di setiap dapil di Sultra, ratarata NasDem menempatkan jagoan yang bertarung di pileg, punya pengaruh besar dan signifikan bakal terpilih.

Misalnya di Dapil 1 Kota Kendari, ada nama Sudarmanto yang telah lama malang melintang di kancah perpolitikan. Di dapil 3 (Muna, Muna Barat, Buton Utara), ada La Ode Tariala yang sudah beberapa kali eksis di parlemen baik di DPRD kabupaten hingga DPRD Provinsi Sultra.

“Kekuatan caleg yang berpengaruh setiap dapil, sangat berkontribusi besar bagi perolehan suara NasDem,” imbuhnya. (b/ali/ing)

  • Bagikan