Elektabilitas Tina Nur Alam Teratas di Pilgub Sultra

  • Bagikan
Nur Alam & Tina Nur Alam
Nur Alam & Tina Nur Alam

--Usung Visi Bahteramas Berlayar Kembali

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Elektabilitas Tina Nur Alam (TNA) berada di posisi puncak (teratas), dalam berbagai simulasi Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara (Pilgub Sultra) 2024. Hal itu berdasarkan survei terbaru yang dilakukan Jaringan Suara Indonesia (JSI) pada Juli 2024.

“Hasil survei menunjukkan, elektabilitas Tina Nur Alam (TNA) berada di posisi teratas dalam berbagai simulasi Pilkada Sulawesi Tenggara (Pilgub Sultra),” ungkap Direktur Eksekutif Jaringan Suara Indonesia (JSI), Fajar S Tamin dalam keterangan tertulisnya kepada Kendari Pos, Selasa (30/7/2024).

Menurut Fajar, dalam simulasi tiga dan dua nama calon gubernur, Tina Nur Alam selalu unggul dibandingkan kandidat lainnya. Sementara tingkat pengenalan untuk hampir semua calon gubernur sudah diatas 75 persen.

“Pada simulasi tiga nama, Tina Nur Alam memperoleh dukungan signifikan dari responden, mengungguli kandidat lainnya, seperti Andi Sumangerukka dan Lukman Abunawas. Tina memperoleh 39,3% dukungan responden. Sedangkan Andi Sumangerukka berada di posisi kedua dengan 33,6%, Lukman Abunawas dengan 18,1% .

Kemudian, tidak tahu/belum memutuskan sebesar 8,7%, dan tidak jawab/rahasia 0,3%,” bebernya.

Fajar menambahkan, dalam simulasi dua nama atau head-to-head, Tina Nur Alam mendapatkan dukungan sebesar 49%. Sementara Andi Sumangerukka mendapatkan 36,9% dukungan. Ketika berhadapan dengan Lukman Abunawas, Tina juga unggul dengan 57,1% dukungan.

“Ketika berhadapan dengan Ruksamin, Kerry Saiful Konggoasa, Ridwan Bae dan Rusda Mahmud, Tina Nur Alam unggul dengan dukungan berturutturut sebesar 64,6%, 65,6%, 56,9% dan 68,4%,” terangnya.

  • Bagikan