Pj Wali Kota Optimalkan Peran Siskamling

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Wali Kota Kendaraan Muhammad Yusup.

-- Lingkungan Aman, Narkoba Diberantas

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di Kota Kendari kini tengah digalakkan. Program ini tak hanya bertujuan memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat. Namun bagian dari upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mencegah peredaran Narkotika dan Obat Terlarang (Narkoba).

Penjabat (Pj) Wali Kota Muhammad Yusup mengungkapkan, program Siskamling merupakan sebuah terobosan untuk meningkatkan kemanan termasuk mencegah peredaran gelap narkoba di Kota Kendari.

"Akhir-akhir ini kita lihat hampir seluruh wilayah Kota Kendari kejahatan narkoba itu luar biasa. Ini yang memicu kejahatan lainnya jadi harus kita waspadai," ungkap Muhammad Yusup, kemarin.

Itulah yang mendasari, pemerintah menggagas program siskamling. Ia yakin lewat program ini, narkoba yang sudah menjadi permasalahan kita pada umumnya bisa secara periodik tertangani.

"Program siskamling (sistem keamanan lingkungan) bisa menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota Kendari dalam mencegah penyebaran narkoba," ungkap Muhammad Yusup.

Sebagai bentuk pencegahan, pihaknya juga telah menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melakukan intervensi pada kegiatan yang berkaitan dengan pencegahan dan pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Seluruh jajaran dilingkup Pemkot Kendari mulai dari OPD (Organsiasi Perangkat Daerah), Camat dan Lurah, hingga ditingkat satuan pendidikan baik SD maupun SMP termasuk masyarakat umum kita tak berhenti untuk mengedukasi tentang bahaya narkoba didampingi BNN tentunya," kata Yusup.

Sekedar informasi, program Siskamling dilaunching Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup pada Juni 2024. Program tersebut diharapkan bisa menjaga keamanan dan ketertiban termasuk menjadi sarana efektif dalam memperkokoh persatuan warga. (c/ags)

  • Bagikan