Ekonomi Mubar Tumbuh Positif

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Bupati Mubar, La Ode Butolo
Penjabat (Pj) Bupati Mubar, La Ode Butolo

--Pemkab Komitmen Sukseskan Program Pusat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Mubar, La Ode Butolo terus menjaga komitmen membangun daerah. Meski hanya berstatus bupati sementara, dirinya berjanji akan tetap totalitas dalam bekerja. Baginya, setiap amanah adalah tanggung jawab yang akan dinilai Tuhan Yang Maha Kuasa di akhirat kelak.

Buah kepemimpinannya telah “melahirkan” hal positif bagi daerah. Berbagai program dan terobosan kebijakan yang dilakukan, membuat Mubar semakin berkembang.

Beberapa indiaktor keberhasilan pembangunan di bawah kepemimpinannya adalah angka indeks pembangunan manusia (IPM) meningkat, ekonomi Muna Barat (Mubar) tumbuh positif, dan tak kalah penting, sukses mengurangi angka kemiskinan.

Penjabat (Pj) Bupati Mubar, La Ode Butolo menjelaskan, angka indeks pembangunan manusia (IPM) Mubar tahun 2024 meningkat, dari 66,21 persen menjadi 67,44 persen.

Menurutnya, IPM mencerminkan capaian kinerja pembangunan daerah pada sektor pendidikan, kesehatan, maupun daya beli masyarakat. “Tentu capaian ini kita syukuri. Ke depan, kita berusaha lebih maksimal lagi,” ujar La Butolo, Jumat (26/7/2024).

Tak hanya sukses menaikan IPM, ekonomi Mubar juga tumbuh positif. Dalam catatan Pemkab Mubar, ekonomi daerah tumbuh dari 4,08 persen menjadi 5,46 persen. “PDRB perkapita juga mengalami kenaikkan dari 35,4 juta rupiah menjadi 37,93 juta rupiah pada akhir 2023,” jelasnya.

Lebih jauh La Butolo menjelaskan, Pemkab Mubar berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrem. Dari 2,89 persen menjadi 0,53 persen saat ini.

Keberhasilan menurunkan angka kemiskinan ekstrem, salah satunya karena faktor meningkatnya angkatan kerja. Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM itu menilai, faktor ini pula yang membuat pengangguran di Mubar menurun.

SUKSESKAN PROGRAM PUSAT

Penjabat (Pj) Bupati Mubar, La Ode Butolo komitmen menyukseskan program pemerintah pusat. Terutama yang beririsan langsung dengan kepentingan masyarakat bawah. Program dimaksud adalah penanganan inflasi, penanganan stunting, peningkatan kualitas pelayanan publik, dan penanganan pengangguran terbuka.

“Termasuk juga memfasilitasi pelaksanaan Pilkada serentak 2024. Berupa dukungan penganggaran dan menjaga kondusivitas daerah,” jelasnya. Butolo menegaskan, pembangunan Mubar tak bisa hanya dilakukan pemerintah semata. Tapi juga butuh dukungan seluruh elemen masyarakat.

“Kita harus bersinergi, supaya Mubar ini bisa semakin maju lagi ke depannya,” harapnya. Dia menilai, Mubar punya banyak potensi daerah. Untuk itu, perlu ada kebersamaan dan saling support supaya potensi itu bisa dikelola maksimal. Endingnya tentu untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. (b/ahi/ing)

  • Bagikan