Pj Bupati Konawe Dukung Pembangunan Markas Kodim

  • Bagikan
Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba
Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba menilai, peran Tentara Nasional Indonesia (TNI) sangat penting dalam menciptakan kondusivitas daerah. Hanya saja, belum ada markas Komando Daerah Militer (Kodim) di Konawe. Saat ini, masih dibawah naungan Kodim 1417 Kendari.

Pj Bupati Harmin Ramba tergerak untuk memfasilitasi pembangunan markas Kodim tersendiri di Konawe. Inisiasi Harmin itu mulai terealisasi. Ditandai, penandatanganan MoU hibah aset tanah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama Komandan Kodim (Dandim) 1417 Kendari, Letkol (Inf) Herry Indryanto.

Tanah yang dihibahkan Pemkab untuk pembangunan markas Kodim Konawe itu, berlokasi di Kelurahan In olobunggadue, Kecamatan Unaaha. Tepatnya, berada di depan Kantor Pengadilan Agama (PA) Unaaha.

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba mengatakan, penandatanganan MoU dengan Dandim Kendari Letkol (Inf) Herry Indryanto, merupakan bentuk komitmen Pemkab dalam mendukung percepatan pembangunan markas Kodim di Konawe.

"Tanah dihibahkan baru 1 hektare. Tapi, jumlah keseluruhannya ada 4 hektare. Jadi bertahap, ada prosesnya. Tapi mudah-mudahan tahun depan, sudah siap dimulai pembangunannya," ujar Harmin Ramba, Kamis (25/7/2024).

Mantan Camat Abuki itu menjelaskan, pembangunan markas Kodim di Konawe, sejatinya sudah sangat lama dinantikan masyarakat. Ia mengakui, peran Kodim sebagai satuan TNI, sangat vital dalam mengamankan wilayah. Sebab itu, kehadiran markas Kodim di Konawe sangat penting dan memiliki peran strategis.

Menurutnya, pembangunan markas Kodim tersebut menjadi cerminan dari tekad bersama, untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dalam menjaga kedaulatan negara. Termasuk, memberi perlindungan kepada masyarakat.

"Apalagi, TNI juga berperan aktif dalam segala kegiatan sosial, ataupun membantu masyarakat yang tertimpa musibah. Sehingga, keberadaan TNI dicintai dan dibutuhkan masyarakat secara luas," ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 1417 Kendari Letkol (Inf) Herry Indryanto menjelaskan, dengan hibah aset tanah Pemkab Konawe, sudah dapat mendukung fasilitas pendirian satu unit Kodim. Memang secara persyaratan, katanya, pembangunan suatu Kodim harus memiliki minimal lahan seluas 4 hektare.

"Sesuai MoU, secara bertahap Pemkab Konawe siap menghibahkan lahannya. Tahun ini satu hektare, dan tahun selanjutnya, hingga cukup sampai 4 hektare. Setelah lengkap nanti, akan dilaksanakan pembangunan Kodim Konawe," bebernya.

Herry Indryanto mengemukakan, lokasi pembangunan markas Kodim Konawe, masih berada di seputaran kompleks perkantoran Pemkab setempat. Ia berharap, pendirian markas Kodim di Konawe bisa dimulai tahun 2025 atau awal 2026 mendatang.

"Kalau syaratnya sudah terpenuhi, pembangunan bisa segera dimulai. Intinya, lebih cepat lebih bagus," jelasnya.

Herry menambahkan, pertimbangan pembangunan Kodim di Konawe, salah satunya untuk memenuhi target satu kabupaten/kota satu Kodim. Disamping itu, Konawe juga memiliki wilayah yang luas.

"Jumlah kecamatan, desa dan kelurahan di Konawe, sangat banyak. Kalau masih masuk wilayah Kodim dari luar Konawe, operasional prajurit TNI pasti sangat sulit," ucapnya.

Pasca MoU dengan Pemkab Konawe, lanjut Letkol (Inf) Herry Indryanto, pihaknya bakal melaporkan hasil kerja sama itu ke komando militer tingkat atas. Katanya, komando atas tersebut, selanjutnya akan mengatur seperti apa rencana strategis kedepan untuk mempercepat pembangunan Kodim Konawe.

"Jadi semua hasil kesepakatan dengan Pemkab, kita laporkan dulu ke komando atas. Kita akan terus follow up, sehingga bisa direncanakan pembangunannya tahun 2025 atau 2026," imbuhnya. (adi/b)

  • Bagikan