Sekda Ingatkan Kepala OPD

  • Bagikan
Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Asrun Lio.
Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Asrun Lio.

--Sadar Tupoksi, Optimalkan Perencanaan Kegiatan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio memberikan wejangan kepada para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin (22/7/2024). Wejangan itu merupakan perpanjangan tangan dari arahan Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto.

Sekda Asrun Lio, mengingatkan Kepala OPD, supaya sadar tupoksi dan merencanakan pelaksanaan perayaan hari besar. Kata dia, setiap perangkat daerah harus bertanggung jawab untuk menyusun, merencanakan, dan melaksanakan perayaan hari besar yang terkait dengan tugas mereka.

“Anggaran untuk kegiatan tersebut, harus dialokasikan dengan baik, agar pelaksanaannya berjalan lancar,” pesan Asrun Lio saat memimpin apel gabungan di Halaman Kantor Gubernur Sultra, Senin (22/7/2024).

Tak hanya perencanaan, lanjut dia, tapi juga koordinasi antar perangkat daerah, sangat diperlukan, agar setiap kegiatan dapat berjalan harmonis dan saling mendukung.

“Dalam konteks ini, anggaran yang dialokasikan harus tepat sasaran dan digunakan seefisien mungkin, untuk mencapai hasil yang maksimal,” harapnya.

Mantan Kadis Dikbud Sultra ini juga mengingatkan Kepala OPD, pentingnya persiapan menjelang perayaan Hari Kemerdekaan, 17 Agustus.

“Agustus adalah bulan yang padat dengan berbagai kegiatan. Oleh karena itu, kita harus memiliki perencanaan matang agar kegiatan lain tidak terganggu,” harapnya.

Dia mengingatkan, perayaan Hari Kemerdekaan bukan hanya sekadar seremonial belaka, tetapi juga merupakan refleksi dari semangat kebangsaan dan persatuan. Oleh karena itu, setiap perangkat daerah harus bekerja keras untuk memastikan semua persiapan berjalan lancar dan kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik. Hal lain tak kalah penting, Asrun Lio meminta Kepala OPD supaya sinergi menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Saat ini, Sulawesi Tenggara sedang menghadapi musim panas, meskipun hujan masih terjadi. Kita harus mempersiapkan langkah-langkah antisipasi agar tidak terjadi kejadian luar biasa. Semua perangkat daerah diharapkan siap menghadapi kondisi ini dengan baik,” harap Asrun Lio.

Perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu, lanjut dia, menjadi tantangan tersendiri bagi pelaksanaan berbagai kegiatan, termasuk perayaan hari besar. Oleh karena itu, dirinya minta agar semua perangkat daerah mempersiapkan rencana kontingensi dan langkah-langkah mitigasi risiko.

Ini termasuk koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait lainnya, untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi kemungkinan bencana atau kondisi cuaca ekstrem.

Asrun Lio berharap, pesan ini dapat diimplementasikan dengan baik oleh seluruh perangkat daerah. Dengan kerja sama dan koordinasi yang baik, diharapkan semua kegiatan dan perayaan di Sultra, baik yang bersifat lokal maupun nasional, dapat berjalan lancar dan sukses.(b/rah)

  • Bagikan