Amira Yusmalia Julan: Cantik, Jago Nyanyi, Berprestasi

  • Bagikan
Amira Yusmalia Julan
Amira Yusmalia Julan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Namanya Amira Yusmalia Julan. Dara muda asal Kota Baubau. Dia cantik, jago menyanyi dan tentu saja berprestasi. Sederet prestasi dalam lomba "tarik suara" sukses diraihnya. Hebatnya, prestasi itu direngkuhnya hingga di level nasional.

Amira Yusmalia Julan membeberkan perjalanan hidup, suka duka meniti karier bernyanyi, hingga prestasi yang diraih, saat tampil di Podcast Kendari Pos Channel, Kamis (18/7/2024) dan dipandu juga host yang tak kalah cantik, Nani Bocil.

Amira berhasil mengukir prestasi gemilang, dengan meraih juara II kompetisi Bintang Radio Nasional 2023. Namun jauh sebelum ini, wanita murah senyum dan identik dengan gaun putih tersebut, sudah meraih beragam prestasi dalam berbagai lomba nyanyi.

Perjalanan karier Amira di dunia musik, dimulai sejak usia dini. Saat berumur 4 tahun, dia sudah berani tampil dalam lomba nyanyi solo tingkat TK se-Kota Baubau. Masa kecilnya dipenuhi dengan aktivitas menyanyi yang dilakukan dengan penuh semangat.

Amira mengakui, minat dan bakatnya dalam menyanyi sudah terlihat sejak usia 2 tahun. Saat itu, ia kerap menyanyi di rumah, sebelum akhirnya memberanikan diri mengikuti lomba di usia empat tahun. Prestasi demi prestasi pun mulai ia raih, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Meski sudah memiliki deretan prestasi, namun Amira masih memiliki banyak impian yang ingin dicapainya di dunia musik.

Amira mengakui, keluarga memegang peran penting dalam perjalanan kariernya. Orang tua Amira selalu mendukung dan memberikan semangat dalam setiap langkah yang diambil.

Meski tidak ada anggota keluarga yang memiliki DNA menyanyi, Amira merasa bakat musiknya mungkin berasal dari sang kakek yang multi talenta, bisa menyanyi, menari, dan bermain musik.

"Beberapa orang di balik layar dan teman-teman dari kompetisi Bintang Radio, juga memberikan dukungan besar dalam perjalanan karier musik saya," ujar Amira sambil tersenyum.

Pada tahun 2023, Amira meraih pencapaian besar dengan menjadi juara II dalam kompetisi Bintang Radio Nasional yang diselenggarakan di Manado.

Kompetisi ini diikuti peserta, dari seluruh Indonesia, sehingga persaingannya sangat ketat. Amira berhasil menonjol dan memikat hati dewan juri dengan penampilannya yang luar biasa.

"Kompetisi ini, menjadi salah satu momen paling berkesan dalam karier saya. Tidak hanya persaingan ketat, tapi juga karena proses kompetisi seru dan penuh tantangan. Alhamdulillah, saya bisa meraih juara II dalam kompetisi Bintang Radio Nasional itu," jelasnya.

Selain menyanyi, Amira juga aktif sebagai penyiar radio, presenter, dan bekerja di kantor. Namun, menyanyi tetap menjadi kegiatan yang paling sering dilakukan. Hingga kini, Amira telah merilis dua single.

Single pertamanya berjudul "Cinta Imajinasi" yang diciptakan oleh Dewiq. Sementara single keduanya yang baru dirilis, merupakan hadiah dari kejuaraan Bintang Radio lalu, dari tim RRI. Judulnya: "Bagaimana".

Amira juga pernah mengikuti audisi Indonesian Idol. Dia berhasil mendapatkan golden tiket, setelah dinilai oleh lima juri terkenal, yaitu Anang, Maia Estianty, Judika, Ariel NOAH, dan Rossa.

"Meskipun hanya berhasil sampai tahap eliminasi pertama, pengalaman ini menambah wawasan dan pengalaman daya di dunia tarik suara," terangnya.

Awalnya, Amira sempat berpikir untuk menetap di Jakarta, setelah menyelesaikan kuliah di Bandung. Namun, ia akhirnya memutuskan tetap berkarier dan mengukir prestasi di Sulawesi Tenggara, tanah kelahirannya.

Amira terinspirasi oleh dua sosok besar di dunia musik, yakni Raisa, penyanyi ternama Indonesia, dan Tori Kelly, bintang musik pop Amerika. Kedua tokoh ini, menjadi panutan Amira dalam mengembangkan bakatnya dan memberikan warna unik dalam perjalanan kariernya.

Dalam menjalani hidup dan kariernya, Amira memiliki moto yang selalu ia pegang teguh: Jangan takut untuk mencoba hal baru. Karena kita tidak pernah tahu sejauh mana bisa melangkah.

"Moto ini mendorong daya untuk terus berusaha dan mencoba berbagai hal baru dalam karier musik," ungkapnya.

Amira Yusmalia Julan adalah contoh nyata bahwa dengan bakat, kerja keras, dan dukungan dari orang-orang terdekat, seseorang dapat meraih prestasi gemilang.

Prestasi Amira dalam kompetisi Bintang Radio Nasional 2023 menjadi bukti, kalau talenta dari daerah pun dapat bersinar di panggung nasional. Semoga Amira terus menginspirasi dan memberikan kontribusi positif bagi dunia musik Indonesia. (b/rah)

  • Bagikan