Kerja Nyata Kostantinus Diapresiasi Pemerintah Pusat

  • Bagikan
TERIMA PENGHARGAAN: Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng), Kostantinus Bukide (kanan) menerima penghargaan dari Mendes-PDTT, Abdul Halim Iskandar, dalam acara Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXV di Kota Mataram, baru-baru ini. (Pemkab Buteng for Kendari Pos)
TERIMA PENGHARGAAN: Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng), Kostantinus Bukide (kanan) menerima penghargaan dari Mendes-PDTT, Abdul Halim Iskandar, dalam acara Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXV di Kota Mataram, baru-baru ini. (Pemkab Buteng for Kendari Pos)

--Terima Penghargaan Menteri Desa

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kerja nyata Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng), Kostantinus Bukide mendapat apresiasi pemerintah pusat. Dia didaulat sebagai kepala daerah yang aktif membina pengembangan teknologi tepat guna di daerah. Atas jasa-jasanya itulah, Kostantinus diganjar penghargaan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT).

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT), Abdul Halim Iskandar, dalam acara Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXV di Kota Mataram, baru-baru ini. Selain piagam penghargaan, Kostantinus juga disematkan PIN Bhakti Inovasi Desa.

Kostantinus mengaku, penghargaan itu diberikan, agar seluruh kepala daerah dan jajarannya, terus menumbuhkan inovasi desa di otoritanya. “Pak menteri berharap, kegiatan tersebut dapat mendorong inovasi, bukan hanya dalam produksi tapi juga pemasaran TTG itu,” ungkap Kostantinus kepada Kendari Pos, Selasa (16/7/2024).

Untuk bagian pemasaran, lanjut Kostantinus, diinstruksikan kepada semua agar pemerintah daerah, dapat memasukan teknologi tepat guna dalam ekatalog. Sehingga, dapat bermanfaat dan memiliki nilai tambah. “Insya Allah, arahan Pak menteri akan kita tindaklanjuti di daerah,” ujarnya.

Kostantinus yang saat ini juga masih menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng, menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya, kepada seluruh jajaran Pemkab Buteng yang telah bekerja keras, mendorong inovasi desa. Dia pun memastikan, Pemkab berkomitmen akan terus meningkatkan dukungan terhadap pemerintah desa.

“Keberadaan desa sangat penting dalam pembangunan daerah. Makanya, kita akan terus memberikan dukungan, baik dalam bentuk anggaran (ADD) maupun kebijakan program pembangunan infrastruktur dasar masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT), Abdul Halim Iskandar mengapresiasi kinerja para kepala daerah yang meraih penghargaan. Termasuk salah satunya, Pj Bupati Buteng Kostantinus Bukide.

“Mereka sukses membina pengembangan teknologi tepat guna di desa. Saya berharap, prestasi ini dipertahankan. Termasuk daerah yang belum dapat penghargaan, bisa mencontoh mereka,” ujar Abdul Halim Iskandar.

Menurutnya, program para kepala daerah peraih penghargaan, berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Serta memajukan sektor pertanian dan industri lokal.

“Teknologi tepat guna akan terus dibutuhkan, meskipun teknologi semakin berkembang pesat. Teknologi tepat guna memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh teknologi lain, yaitu berbasis pada kearifan lokal dan berkelanjutan di setiap alatnya,” bebernya. (b/lyn)

  • Bagikan

Exit mobile version