Permudah Layanan Lewat “Teman Sibima”

  • Bagikan
TEMAN SIBIMA : Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra, Pahri Yamsul (depan, pakai topi) dan jajarannya foto bersama sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sultra pada peluncuran aplikasi “Teman Sibima”, Kamis (11/7)
TEMAN SIBIMA : Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra, Pahri Yamsul (depan, pakai topi) dan jajarannya foto bersama sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sultra pada peluncuran aplikasi “Teman Sibima”, Kamis (11/7)

-- Ubah Sistem Manual ke Digital

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Satu persatu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berlomba menelorkan inovasi. Kali ini, giliran Dinas Sumber Daya Alam (SDA) dan Bina Marga Sulawesi Tenggara (Sultra). Inovasi berbasis digital ini diberinama “Teman Sibima”. Aplikasi ini akan membantu layanan teknis Dinas SDA dan Bina Marga Sultra.

Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra Pahri Yamsul mengatakan aplikasi ini merupakan inisiasi Sekertaris Dinas SDA dan Bina Marga Sultra sebagai upaya untuk percepatan pelayanan teknis di instansi tersebut. Aplikasi ini akan menjawab keresahan di masyarakat karena berkaitan dengan percepatan layanan teknis.

“Melalui aplikasi ini semua bisa lebih terukur dan sistem pelayanannya bisa lebih cepat. Kita berharap “Teman Sibima” bisa menjadi acuan utuk bisa kerja keras, kerja cepat, kerja tepat dan kerja nyata,”kata Pahri saat melauching aplikasi “Teman Sibima” kemarin.

Di era digitalisasi lanjut Pahri, tidak ada pilihan lain selain mengikuti perkembangan teknologi. Ia berharap aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh semua pemangku kepentingan, termasuk pengusaha dan birokrasi, untuk menyesuaikan diri dengan zaman yang terus berkembang. Peluncuran “Teman Sibima” menandakan kesiapan lembaganya beradaptasi dengan digitalisasi dan mengembangkan sistem pelayanan.

“ Inovasi ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi instansi lain dalam menerapkan teknologi digital untuk pelayanan publik yang lebih efisien dan efektif,” harapnya.

Sekretaris Dinas SDA dan Bina Marga Sultra, Nurnikmat menjelaskan “Teman Sibima” akan memfasilitasi pelayanan di bidang teknis, terutama dalam pemberian rekomendasi teknis yang selama ini membutuhkan perbaikan. Teman Sibima ini muncul karena layanan yang ada dianggap masih kurang kepada mitra dan kedepannya bisa meningkatkan kinerja pelayanan di SDA dan Binamarga.

Untuk mempermudah pelayanan publik, aplikasi ini akan semakin berkembang baik berbasis Android maupun sejenisnya. Aplikasi ini tidak berhenti sampai di sini saja, tetapi terus berkembang dan bisa berbasis Android dan iOS agar lebih mudah diakses oleh masyarakat luas,” ujar Nurnikmat.

Peluncuran aplikasi Teman Sibima ini sekaligus menjadi momentum penting bagi Dinas SDA dan Bina Marga Sultra dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan adanya sistem digital yang lebih efisien, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung dan lebih cepat.

“Langkah ini juga diharapkan dapat mendorong instansi pemerintah lainnya untuk turut serta dalam proses digitalisasi demi pelayanan publik yang lebih baik,” pungkasnya. (c/rah)

  • Bagikan

Exit mobile version