Seleksi Paskibraka Tuntas, Bersiap Pemusatan Latihan

  • Bagikan
Kepala Kesbangpol Konsel, Muh. Taufiq Amin Lar

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) bersiap mengikuti pemusatan latihan untuk persiapan upacara hari ulang tahun ke-79 Republik Indonesia tahun 2024 ini. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Konsel, Muh. Taufiq Amin Lar, Rabu (10/7).

Disebutkan, persiapan peringatan detik-detik Proklamasi HUT ke-79 kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang, sudah dimulai sejak Maret 2024 lalu. Dimulai dengan melakukan seleksi pada tingkat sekolah oleh Badan Kesbangpol bersama Purna Paskibraka. Mantan Camat Lainea dan Kolono ini menjelaskan, rekrutmen dan seleksi Paskibraka yang akan bertugas menaikkan dan menurunkan  bendera merah putih pada HUT RI di lapangan upacara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel, sudah tuntas.

"Semua Sekolah Menengah Atas dan sederajat di Konsel telah mewakilkan siswa siswinya. Bahkan dari SMA di Kecamatan Laonti mengutus tiga peserta. Termasuk untuk pembawa baki bendera merah putih yang akan dikibarkan, akan ditunjuk setelah melakukan pelatihan," terang Muh. Taufiq Amin Lar.

Dari seleksi yang diikuti 108 peserta, sudah terpilih 75 siswa, terdiri 36 putra dan 39 putri. Mereka akan dilatih oleh anggota TNI dan didampingi Purna Paskibraka mulai tanggal 2 sampai 18 Agustus 2024. "Untuk pasukan pengibar bendera telah diterbitkan surat keputusan (SK) oleh bupati. Mereka akan diasramakan di Balai Latihan Kerja Lainea di Puunggaluku," sambungnya.

Materi latihah meliputi kedisiplinan, baris berbaris dan lainnya. Muh. Taufiq Amin Lar menjamin, semua kebutuhan Paskibraka, mulai dari pakaian, makan minum, termasuk izin dari orang tua telah siap dan tidak ada pungutan biaya apapun. (c/ndi)

  • Bagikan

Exit mobile version