Andi Makkawaru Ingin Kolaka Maju dan Sejahtera

  • Bagikan
Pj Bupati Kolaka, Andi Makkawaru
Pj Bupati Kolaka, Andi Makkawaru

--Ajak Semua Elemen Sinergi Wujudkan Visi 2045

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Kolaka, Andi Makkawaru punya keinginan besar supaya Kolaka semakin maju dan sejahtera. Supaya terwujud, butuh komitmen dan sinergi semua pihak. Harapan itu kata dia, sesuai dengan arah rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Kolaka tahun 2025 - 2045.

"Visi Bumi Mekongga (Kabupaten Kolaka) yang diusung pada RPJPD 2025-20245 adalah Kolaka sebagai daerah perjuangan yang maju, sejahtera, dan berkelanjutan," ungkap Andi Makkawaru, Rabu (10/7/2024).

Lanjut dia, visi ini diharapkan, mencerminkan kondisi ideal yang akan dicapai Kabupaten Kolaka. Sekaligus sebagai komitmen bersama bagi seluruh pemangku kepentingan.

Pria yang juga kini menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulawesi Tenggara (Sultra) itu menjelaskan, visi tersebut terdiri empat elemen penting. Salah satunya yaitu Kolaka Daerah Perjuangan, yang mengandung patriotisme dan nilai luhur.

"Masyarakat diharapkan, selalu memiliki jiwa dan semangat patriotisme. Serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya bangsa. Kita ingin terus mewariskan semangat perjuangan pahlawan Kolaka pada peristiwa heroik dan ikonik 19 November 1945," tegasnya.

"Selain itu, juga melambangkan semangat pembangunan Kabupaten Kolaka, akan terus berupaya membangun daerah dengan jiwa yang tangguh, modern, dan inovatif," tambahnya.

Kolaka 1 itu menambahkan, elemen penting lainnya dari visi Kabupaten Kolaka di tahun 2045 itu adalah Kolaka Maju. Menurutnya, komponen visi tersebut melambang sumber daya manusia Kolaka yang berkualitas. Harapannya, akan pembangunan manusia yang berdaya, memiliki sosial budaya yang kuat, dan ekonomi yang tangguh.

"Ada juga Kolaka Sejahtera. Elemen visi ini bermakna, masyarakat Kolaka harus memiliki taraf hidup yang semakin baik dengan akses pekerjaan layak, kewirausahaan, dan keberdayaan tinggi dan juga didukung kondisi sosial yang tentram dan harmonis," terangnya.

"Adapun elemen keempat adalah Kolaka Berkelanjutan. Hal ini dimaknai sebagai harapan akan keselarasan ekonomi, sosial, dan lingkungan," sambungnya.

Andi Makkawaru mengatakan, sebagai alat ukur untuk melihat pencapaian tujuan pembangunan daerah, yang menjadi target dalam 20 tahun mendatang, maka terdapat tujuh sasaran pokok dan 45 indikator utama pembangunan daerah.

Diantara indikator utama tersebut, ada beberapa target Kolaka di tahun 2045 yang akan dicapai, yaitu usia harapan hidup mencapai 77 tahun, cakupan jaminan kesehatan mencapai 99,5 persen, prevalensi stunting ditargetkan berkurang hingga 5 persen, indeks literasi dan numerasi harus sudah mencapai 67 persen hingga 72 persen.

Kemudian, harapan lama sekolah mencapai 14,5 tahun, tingkat kemiskinan ditargetkan turun di angka 5,5 persen, dan tingkat pengangguran terbuka berada pada kisaran 2 persen. (b/fad)

  • Bagikan

Exit mobile version