Universitas Terbuka Raih Akreditasi A

  • Bagikan
Mahasiswa saat mengikuti workshop UT Kendari.(DOK UT KENDARI)
Mahasiswa saat mengikuti workshop UT Kendari.(DOK UT KENDARI)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Baru-baru ini, Universitas Terbuka (UT) meraih akreditasi institusi tertinggi yaitu A. Dimana sebelumnya perguruan tinggi tersebut, mengantongi akreditasi B. Hal itu berdasarkan keputusan BAN-PT Nomor 1282/SK/BAN-PT/AK/PT/VII/2024. Adanya pengakuan tersebut menunjukan UT tak kalah maju dengan perguruan tinggi top yang ada di Indonesia.

Direktur UT Kendari, Anfas, S.T., M.M., mengatakan bahwa saat ini UT telah meraih akreditasi institusi A. Dimana sebelumnya UT mengantongi akreditasi B. “Akreditasi A ini merupakan akreditasi institusi paling tertinggi. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, dengan adanya raihan akreditasi tersebut menunjukkan UT tak kalah dengan perguruan tinggi lainnya,” ujarnya.

Selain itu, UT Kendari juga ada beberapa Program Studi yang telah meraih akreditasi internasional yakni dua di Fakultas Ekonomi Bisnis dan duanya lagi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. “Adanya raihan akreditasi tersebut yang pasti harapan kita itu adalah pendaftar mahasiswa baru itu meningkat. Alhamdulillah setiap tahun peminat UT Kendari itu meningkat,” ungkapnya.

Dari segi strata perguruan tinggi UT sudah masuk di Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). “Dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia baru ada 21 PTN yang masuk PTNBH termasuk UT. Sekarang UT juga sudah membuktikan baik institusi maupun Program Studi itu sudah bisa bersaing dengan perguruan tinggi negeri top lainnya,” kata Anfas.

Sementara dari aspek management UT kata dia, dinilai oleh The International Council for Open and Distance Education (ICDE) Norwegia. ICDE merupakan badan perkumpulan university seluruh Indonesia dan UT sejak tahun 2008 hingga saat ini sudah mendapatkan pengakuan. “Selain itu untuk internal kita juga sudah mendapatkan sertifikat ISO terkait aspek pelayanan UT,” bebernya.

Ia menambahkan, dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang dilakukan UT sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses pembelajaran dimana dan kapan saja. “Dengan adanya akreditasi A tersebut tentunya kedepanya akan bermanfaat bagi mahasiswa maupun alumni kami. Karena sudah mendapatkan pengakuan akreditasi tertinggi di institusi dan yang paling penting lagi alumni kita sudah tidak diragukan lagi,” tutup Anfas. (win/b)

  • Bagikan

Exit mobile version