Siapkan Pemuda Hadapi Dunia Kerja

  • Bagikan
DUNIA KERJA: Ketua Kadin Konawe Selatan, Adi Jaya Putra, ketika mengedukasi puluhan pemuda yang akan mencari lapangan pekerjaan. (I NGURAH PANDI SANTOSA/ KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pembekalan keterampilan dan pengetahuan sangat diperlukan pemuda dalam mencari pekerjaan di era modern. Olehnya itu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi para generasi muda daerah pencari kerja.

Kepala Dispora Konsel, Benhur Karim, mengungkapkan kegiatan tersebut untuk membantu para pemuda di daerah itu untuk memersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif. “Kami berharap melalui kegiatan ini, para pemuda dapat memperoleh wawasan dan keterampilan yang memadai sehingga lebih siap menghadapi tantangan dalam mencari pekerjaan,” ujarnya, akhir pekan lalu.

Benhur Karim mengaku, agenda tersebut menjadi bagian dari upaya Dispora dalam mengurangi angka pengangguran di kalangan pemuda serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia daerah. “Kami berharap kegiatan serupa dapat terus berkesinambungan untuk terus mendukung pengembangan potensi pemuda Konawe Selatan,” harapnya.

Dispora Konsel mengundang sejumlah narasumber dari berbagai pihak terkait. Memberikan pandangan dan tips langsung dari praktisi dunia kerja. Sehingga peserta mendapatkan gambaran nyata mengenai dunia kerja dan apa yang diharapkan dari calon pekerja. Salah satu narasumber dari Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Konawe Selatan (Konsel), Adi Jaya Putra, turut mengedukasi puluhan pemuda yang akan mencari pekerjaan.

“Kami apresiasi langkah Dispora Konsel. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pemuda dalam memeroleh pengetahuan maupun wawasan dan skill agar lebih produktif, tangguh, berdaya saing dan mandiri dalam mencari kerja,” ungkap pria yang akrab disapa AJP tersebut.

Menurutnya, dalam mencapai tingkat keberhasilan dalam mengisi pembangunan kepemudaan dibutuhkan kolaborasi berbagai pihak. Utamanya dalam menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni dan memiliki keunggulan daya saing. “Pengetahuan, keterampilan dan kemauan kuat serta kolaborasi adalah kunci untuk membuka peluang demi keberhasilan di berbagai sektor kehidupan kedepannya nanti dan berpeluang meraih perbaikan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Adi Jaya Putra, melalui Bimtek tersebut akan dapat menambah pengetahuan dan daya saing pemuda. Ia mengaku era saat ini wirausaha merupakan salah satu pilihan yang sangat diminati pemuda. Jika dibekali dengan skill dan kemampuan, maka bisa dipastikan akan banyak membantu para pemudapemuda nantinya. “Saya mengajak para pemudapemudi Konawe Selatan usia produktif, melalui Bimtek ini untuk mengasah pola pikir, agar tidak cenderung hanya berupaya mencari pekerjaan, tetapi juga mampu berpikir menciptakan pekerjaan, minimal untuk diri mereka sendiri,” pungkas bakal calon bupati Konsel itu. (b/ndi)

  • Bagikan

Exit mobile version