APBP-P Busel Fokus Perencanaan Projek 2025

  • Bagikan
Pj Bupati Busel Parinringi
Pj Bupati Busel Parinringi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Buton Selatan (Busel) bersiap mengajukan draf Ang - garan Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Jika tak ada aral, Agustus mendatang doku - men keuangan itu sudah bisa dibahas eksekutif dan legislatif.

Pj. Bupati Busel Parin - ringi mengatakan saat ini pihaknya masih meng - godok postur APBD-P bersama Bappeda dan Keuangan.

“LKPD sudah, RPJMD juga kita sudah tuntaskan. KUAPPA S sementara. APBD-P kita sedang digodok ini. TAPD tengah melihat kemampuan keuan - gan,” ungkap Parinringi.

Mantan Pj. Bupati Kolaka Utara itu menegaskan jika tak ada pekerjaan fisik dalam postur APBD-P. Dua agenda prioritas yang akan dianggarkan adalah peren - canaan dan pematangan lahan kantor bupati Buton Selatan dan perencanaan pelencengan pelabuhan Bandar Batauga. “Kenapa kantor bupati, karena Busel ini sudah 10 tahun berdiri, masa kita gak punya kan - tor pelayanan publik yang representatif. Kemudian masalah pelabuhan. Itu pe - lencengannya rusak, tidak bisa digunakan lagi kapal fery,” kata Parinringi.

Sementara program non fisik lainnya akan berfokus pada isu strategis nasional seperti stunting, inflasi, kemiskinan ekstrim dan TBC. “Pokoknya masalah kesehatan itu menjadi catatan penting sehingga harus ada gerakan konkrik dilapangan untuk segera ada hasil baiknya,” lanjut dia.

Soal berapa kekuatan fiskal di APBD Perubahan nanti, Parinringi belum memberi angka pasti. Katanya, belum diakumu - lasi seluruhnya oleh tim anggaran. “Perhitungan sementara, ada dana bagi hasil, ada BTT yang belum terpakai semua di induk, lalu Silpa, semoga bisa membiayai programprogram mendesak kita,” harapnya. (lyn/b)

  • Bagikan