BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Sultra

  • Bagikan
Kepala Stasiun (KS) Meteorologi Sultra, Sugeng Widarko
Kepala Stasiun (KS) Meteorologi Sultra, Sugeng Widarko

--Potensi Terjadi Sampai 10 Juli 2024

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, telah mengeluarkan prakiraan cuaca dan prakiraan gelombang tinggi untuk wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Prakiraan ini, berlaku mulai 4 Juli hingga 10 Juli 2024. Informasi ini disampaikan Kepala Stasiun (KS) Meteorologi Sultra, Sugeng Widarko berdasarkan update peringatan dini informasi BMKG.

“BMKG memprediksi adanya gelombang dengan ketinggian lebih dari 1,25 meter, di beberapa wilayah perairan Sultra. Ini berpotensi membahayakan keselamatan pelayaran dan aktivitas di laut. Karena itu, masyarakat yang beraktivitas di sekitar pantai atau di laut, agar lebih berhatihati dan memperhatikan update BMKG Sultra,” ujar Sugeng, Jumat (5/7/2024).

Dijelaskan, wilayah yang perlu diwaspadai, pada 4-5 Juli 2024 yakni perairan Banggai bagian Selatan, perairan Teluk Tolo, perairan Minui Kendari bagian Timur, perairan Wakatobi, perairan Baubau bagian Selatan dan laut Banda Timur Sultra.

Kemudian pada 6 hingga 7 Juli, diperkirakan gelombang lebih dari atau sama dengan 1,25 meter (sedang), terjadi di wilayah perairan Banggai bagian Selatan, perairan Minui Kendari bagian Timur, perairan Wakatobi dan laut Banda Timur Sultra.

Selanjutnya, pada 8 Juli, gelombang diatas 1,25 meret, diprediksi terjadi di perairan Utara dan Selatan Wakatobi bagian Timur dan laut Banda Timur Sultra bagian Timur dan Selatan.

“Pada 9 hingga 10 Juli 2024, kondisi serupa juga diprediksi terjadi di perairan Banggai bagian Selatan, perairan Teluk Tolo, perairan Manui Kendari bagian Timur, perairan Wakatobi, perairan Baubau bagian Selatan dan laut Banda Timur Sultra,” paparnya.

Selain potensi gelombang tinggi, BMKG juga mengeluarkan prakiraan cuaca, yang perlu diwaspadai di beberapa wilayah Sultra, selama periode yang sama. Dimana daerah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang, pada 4-5 Juli 2024, diprediksi terjadi di Konawe Kepulauan, Konawe Utara, Kolaka Utara, Kolaka, Konawe Selatan, Kendari, Kolaka Timur dan Konawe.

Selanjutnya, pada 6 hingga 7 Juli 2024,daerah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang di daerah Konawe, Wakatobi, Konawe Selatan, Kendari, Buton Utara, Muna, Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Timur dan Konawe Kepulauan.

“Bahkan pada 8 hingga 10 Juli, juga diperkirakan akan terjadi hujan sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang. Itu terjadi di Konawe Selatan, Konawe, Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka Timur,” jelasnya.

BMKG mengimbau masyarakat, terutama para nelayan dan mereka yang beraktivitas di laut, untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca dan gelombang yang telah diprediksi.

“Informasi ini diharapkan dapat membantu dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang tepat, untuk menghindari risiko tidak diinginkan. Masyarakat juga diingatkan, selalu mengikuti perkembangan informasi cuaca dari BMKG, agar dapat mengambil tindakan demi keselamatan bersama,” pungkasnya. (b/rah)

  • Bagikan

Exit mobile version