Siska-Sudirman Diusung PAN dan NasDem

  • Bagikan
ILUSTRASI: FAHRI/KENDARI POS
ILUSTRASI: FAHRI/KENDARI POS

--Pasangan Pertama Penuhi Syarat Pencalonan di Pilwali Kendari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Bakal Calon Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Kendari, Sudirman sudah bisa bernapas lega. Perjuangan keduanya "berburu" dukungan partai politik (parpol), membuahkan hasil.

Pasangan Siska-Sudirman telah resmi mendapatkan dukungan Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Amanat Nasional (PAN), untuk maju berkompetisi dalam Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kendari.

Dukungan Partai NasDem sudah didapatkan Siska-Sudirman pekan lalu. Sementara, surat keputusan (SK) DPP PAN, baru saja diterima Siska-Sudirman. SK ditandatangani langsung Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan dan Sekjen Eddy Soeparno.

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Yandri Susanto menyerahkan langsung SK dukungan tersebut kepada pasangan Siska-Sudirman di Jakarta Selatan, Selasa malam (2/7/2024).

Dukungan NasDem dan PAN, menjadikan pasangan Siska-Sudirman sudah memenuhi syarat pencalonan di Pilwali Kendari. NasDem punya 5 kursi di DPRD Kota Kendari. Sedangkan PAN punya 4 kursi. Totalnya 9 kursi.

Sementara, sesuai regulasi Pilkada, syarat pencalonan minimal 20 persen dari total kursi parlemen atau kalau di Kota Kendari minimal 7 kursi. Itu artinya, Siska-Sudirman sudah memenuhi syarat dan tinggal menunggu lawan (kompetitor) di Pilwali.

Bakal Calon Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran mengakui kalau dukungan PAN membuatnya semakin percaya diri menatap Pilwali Kendari. Sebab, sebelumnya juga sudah mendapat dukungan Partai NasDem.

Menurut Siska, dukungan PAN dan NasDem sudah melebihi syarat pencalonan di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebab, gabungan kursi PAN (4) dan NasDem (5) lebih banyak dari syarat pencalonan minimal 20 persen atau 7 kursi di Pilwali Kendari.

"Gabungan Partai NasDem dan PAN, total 9 kursi. Sementara, syarat maju di Pilwali Kota Kendari minimal 7 kursi. Artinya, kursi yang kami (Siska-Sudirman) dapat sudah melebihi persyaratan pencalonan," ungkap Siska Karina Imran, Rabu (3/7/2024).

Adanya dukungan PAN dan NasDem, menjadikan Siska-Sudirman sebagai pasangan pertama, yang memenuhi syarat perebutan kursi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari 2024. Pasalnya, keduanya telah mengantongi dukungan 9 kursi di parlemen Kendari.

Bakal Calon Wakil Wali Kota Kendari, Sudirman juga tak kalah senang usai menerima SK DPP PAN. Menurutnya, dukungan DPP PAN bukan lagi bentuk rekomendasi, tapi SK resmi.

"Kami terima berupa SK yang telah ditandatangani Ketua Umum dan Sekretaris DPP PAN. Modelnya berupa B1 KWK, yang akan digunakan untuk mendaftar di KPU Kota Kendari," ungkap Sudirman saat dihubungi, Rabu (3/7/2024).

Meski sudah dapat dukungan PAN dan NasDem, namun Siska-Sudirman tetap membuka ruang komunikasi dengan parpol lain, supaya bisa bersama-sama di Pilwali. Parpol dimaksud seperti PKS, Demokrat, Gerindra, Golkar, dan lainnya.

"Untuk persyaratan pencalonan, alhamndulillah sudah terpenuhi. Tapi, kami akan terus membangun komunikasi politik dengan parpol lainnya. Semoga semua berjalan sesuai harapkan," ujar Anggota DPRD Sultra tersebut.

Dengan adanya dukungan Partai NasDem dan PAN, Siska-Sudirman menyampaikan ucapan terima kasih. Keduanya berkomitmen, akan menjalankan amanat partai sebaik-baiknya dan berjanji bakal mengibarkan bendera partai tersebut, dalam kontestasi politik 5 tahunan di Kota Kendari. "Mari bersama membangun Kendari, APBD untuk rakyat,” ucapnya.

PAN Sultra Minta Kader Menangkan Siska-Sudirman

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sultra menyambut baik dukungan kepada Siska-Sudirman di Pilwali. Mereka minta supaya kader dan simpatisan PAN di Kendari memenangkan pasangan Siska-Sudirman.

"PAN akan all out memenangkan Siska-Sudirman di Pilwali Kendari,” ujar Wakil Ketua DPW PAN, Sukarman, Rabu (3/7/2024).

Ketua DPW PAN Sultra, Abdurrahman Shaleh yang saat ini juga masih menjabat sebagai Ketua DPRD Sultra mengucapkan selamat kepada SiskaSudirman.

"Selamat berjuang, semoga perebutan kursi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari berjalan lancar," imbuhnya.

Pengamat Politik: Dukungan PAN "Magnet" Parpol Lain untuk Bergabung

Pasangan Siska-Sudirman baru saja mendapat SK DPP PAN untuk maju berkompetisi dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari, 27 November 2024 mendatang. Dukungan partai besutan Zulkifli Hasan itu, dinilai bakal menjadi magnet atau daya tarik bagi partai lain, untuk bergabung dalam koalisi Siska-Sudirman.

Penilaian itu disampaikan Pengamat Politik Sultra, Andi Awaluddin Ma'ruf. Menurutnya, PAN punya rekam jejak yang bagus saat mendukung paslon di Pilwali Kendari.

"Jadi, selain karena faktor figuritas Siska dan Sudirman, dukungan PAN juga bisa menjadi daya tarik, yang bisa mengundang dukungan partai lain untuk bergabung. Terutama PKS," ungkap Andi Awaluddin Maruf, Rabu (3/7/2024).

Dosen Fisip Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) ini menambahkan, dukungan PAN termasuk juga NasDem, akan mendongkrak elektabilitas pasangan Siska-Sudirman di Pilwali.

"Parpol punya mesin partai. Baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, maupun kecamatan dan kelurahan. Salah satu tugas parpol adalah mendongkrak elektabilitas paslon yang diusung," jelasnya.

Kata dia, parpol punya peran besar. Jika mesin partai PAN dan NasDem bersatu memenangkan Siska-Sudirman, maka pasangan calon ini berpeluang besar, memenangkan Pilwali Kota Kendari, November mendatang. (b/ali/ags)

SISKA-SUDIRMAN MENATAP PILWALI KENDARI

DIUSUNG PAN
-DPP PAN resmi mengeluarkan SK dukungan kepada Siska-Sudirman
-SK diserahkan langsung Wakil Ketua Umum DPP PAN, Yandri Susanto
-PAN punya 4 kursi di DPRD Kota Kendari

DIUSUNG NASDEM
-BPP Partai NasDem sudah mengeluarkan rekomendasi kepada Siska-Sudirman
-Tertuang dalam Surat Rekomendasi Nomor : 213-SI/RP/BPP-NasDem/IV/2024
-Surat rekomendasi diserahkan Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya
-Partai NasDem punya 5 kursi di DPRD Kendari

PASANGAN PERTAMA PENUHI SYARAT PENCALONAN
-Siska-Sudirman diusung NasDem dan PAN
-Gabungan NasDem dan PAN mencapai 9 kursi
-Jumlah kursi melebihi syarat minimal pencalonan 7 kursi (20 persen)
-Siska-Sudirman, pasangan pertama yang penuhi syarat pencalonan

JEJAK POSITIF PAN DI PILWALI
-PAN punya jejak positif di Pilwali Kendari
-Dalam tiga edisi terakhir Pilwali, jagoan PAN menjadi pemenang
-PAN pengusung utama pasangan Asrun-Musadar saat menang Pilwali dua periode (2007-2012 dan 2012-2017)
-PAN juga sukses mengantarkan ADP-SUL terpilih di Pilwali Kendari (2017-2022)

DPW PAN SULTRA
-Ketua DPW PAN Abdurrahman Shaleh memberikan ucapan selamat kepada Siska-Sudirman
-Turut mendoakan Pilwali lancar dan mendapatkan hasil terbaik
-PAN sebut Siska-Sudirman pasangan ideal di Pilwali
-Berpeluang besar memenangkan kontestasi
-Siap all out menangkan Siska-Sudirman

SUMBER DATA: DIOLAH KENDARI POS DARI BERBAGAI SUMBER

KOMPOSISI KURSI PARPOL DPRD KENDARI

Partai Golkar: 6 Kursi
PKS: 6 Kursi
Nasdem: 5 Kursi
PDIP: 5 Kursi
PAN: 4 Kursi
Demokrat: 4 Kursi
Gerindra: 2 Kursi
Perindo: 2 Kursi
PPP: 1 Kursi
TOTAL 35 KURSI

SUMBER DATA: KPU KOTA KENDARI

  • Bagikan