La Haruna Serukan Bersatu Membangun Buton

  • Bagikan
RAPAT PARIPURNA: Pj Bupati Buton, La Haruna (kiri) bersama Ketua DPRD Buton, Wa Ode Nurnia Kahar (dua dari kiri) dalam rapat paripurna menyambut HUT ke-65 Kabupaten Buton, Rabu (3/7/2024). (ELYN/KENDARI POS)
RAPAT PARIPURNA: Pj Bupati Buton, La Haruna (kiri) bersama Ketua DPRD Buton, Wa Ode Nurnia Kahar (dua dari kiri) dalam rapat paripurna menyambut HUT ke-65 Kabupaten Buton, Rabu (3/7/2024). (ELYN/KENDARI POS)

--Hari Ini, Buton Berusia 65 Tahun
--Dukung Visi Indonesia Emas 2045

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kabupaten Buton genap berusia 65 tahun, hari ini (4/7/2024). Sementara, Pasarwajo sebagai ibu kota Kabupaten Buton berusia 21 tahun. Di usia yang setengah abad lebih, Buton meretas kemajuan. Pemimpin silih berganti. Pembangunan terus berjalan.

Pemerintah dan warga Kabupaten Buton, menyambut hangat pertambahan usia daerah. Hari ini, 4 Juli adalah puncaknya. Pemkab Buton akan menggelar upacara di pelataran kantor bupati.

Menyambut hari ulang tahun (HUT), Pj. Bupati Buton La Haruna, menyampaikan pidatonya di depan anggota DRPD Buton, dalam balutan sidang paripurna 3 Juli, kemarin. Dalam pidato itu, La Haruna mengatakan, perayaan HUT ke-65 Kabupaten Buton dan HUT ibu kota Pasarwajo ke-21, mengusung tema: Melangkah Menuju Indonesia Emas.

Menurut La Haruna, tema itu mempertegas sekaligus memperteguh kembali dukungan Pemkab Buton, terhadap visi pemerintah pusat, menyongsong 100 tahun kemerdekaan Indonesia atau Indonesia emas tahun 2045. Saat itu, bangsa akan menghadapi bonus demograsi, dimana penduduk akan didominasi oleh usia produktif.

"Kita harus komitmen, agar menghadapi bonus demografi ini, Buton tidak hanya unggul secara kuantitas, tapi juga kualitas. Sehingga, menjadi kekuatan untuk maju. Bukan sebaliknya," ungkap La Haruna, Rabu (3/7/2024).

Supaya tujuan dan harapan itu terwujud, Pj Bupati Buton La Haruna menyerukan (mengajak) semua pihak, agar bersatu (sinergi) membangun Buton. Kata dia, Buton punya potensi besar di sektor sumber daya aspal, perikanan dan pertanian.

"Kalau kita bersatu dan bonus demograsi benar-benar bisa produktif, maka pengelolaan potensi daerah, bisa berdampak pada kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Lebih dari itu, La Haruna juga mengajak semua elemen masyarakat Kabupaten Buton, untuk bahu membahu mengawal proses pembangunan. Semua target-target pembangunan daerah sudah tertuang dalam RPJPD. Sehingga, rambu-rambu itu tinggal dilaksanakan.

"Kita bersama bangun daerah ini. Karena daerah ini terbangun berkat perjuangan pendahulu kita. Apa yang sudah mereka berikan, mari kita hargai. Kita tingkatkan capaian yang sudah ada," terangnya.

Sementara itu, terkait penyambutan HUT daerah, serangkaian kegiatan sudah dihelat untuk meramaikan hari jadi Tanah Wolio itu. Mulai dari pertandingan olahraga, lomba karaoke yang melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kemudian, lomba kebersihan antar desa.

"Terima kasih kepada semua yang sudah berpartisipasi dalam perayaan HUT Buton. Dispora yang sudah menginisiasi dan menjadi panitia berbagai lomba, seluruh OPD atas kekompakannya," pungkasnya. (b/lyn)

  • Bagikan